Persiapkan linmas jelang pilkada serentak lewat sosialisasi

23713 medium foto doc kodim 0809 a
KEDIRI. Sosialisasi pengamanan linmas, jelang berlangsungnya pilkada serentak pada juni mendatang, dilakukan Kecamatan Pesantren. Sosialisasi ini sendiri diadakan di Balai Kelurahan Burengan dan diikuti perwakilan Linmas se-kecamatan Pesantren serta Koramil 02/Pesantren, dalam hal ini diwakili Bati Tuud Koramil Pesantren Pelda Edy Sugiarto, selasa (10/04/2018)

Muzamil selaku Kepala Kelurahan Burengan ,sekaligus tuan rumah sosialisasi ini menjelaskan persoalan klasik seputar pilkada kepada seluruh anggota Linmas yang hadir di malam hari ini.

“Linmas sering terbentur persoalan klasik, semisal ketidakpuasan tim sukses karena adanya dugaan sepihak, dan dugaan itu bisa benar juga bisa tidak, tetapi lagi-lagi ceritanya klasik, yaitu Linmas yang sering ikut dipersalahkan, padahal status Linmas ini hanya terlibat dalam pengamanan saja, tidak ada urusannya dengan permasalahan diluar itu,” ungkap Muzamil.

Lebih lanjut Muzamil juga mengingatkan, agar seluruh anggota Linmas ketika melakukan pengamanan tetap berpedoman pada aturan main dan tidak boleh keluar jalur, dan bisa menahan emosi atau jangan mudah terpancing.

Selain itu, Edy Sugiarto menambahkan seputar netralitas TNI dalam kancah pesta demokrasi mendatang, menurutnya, pilkada serentak adalah moment yang ideal saat ini untuk memilih langsung kepala daerah mereka dalam 5 tahun kedepan. Disamping itu, TNI, dalam hal ini Koramil Pesantren, tetap konsekuen membantu Polri dalam bantuan pengamanan bila dibutuhkan sewaktu-waktu.

Sementara itu, Bambang Riyadi, selaku anggota Linmas yang “diseniorkan”, berharap ada perlindungan bagi anggota Linmas ketika mereka dibenturkan kepentingan lain yang sengaja atau tidak sengaja, ketika mereka melakukan pengamanan di TPS-TPS. Apalagi, menurut pandangannya, Linmas hanya memiliki wewenang dalam pengamanan saja, dan tidak ada kaitannya dengan persoalan surat suara, hak suara maupun hasil suara.

Sudah dilihat 69 kali

Komentar