Persiapan Lebaran, Bandara Adisutjipto Rencanakan Siapkan 22 Penerbangan Tambahan Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul Persiapan Lebaran, Bandara Adisutjipto Rencanakan Siapkan 22 Penerbangan Tambahan

61926 medium persiapan lebaran bandara adisutjipto rencanakan siapkan 22 penerbangan tambahan
Menghadapi arus mudik dan arus balik, Bandara Internasional Adisutjipto rencananya akan menyiapkan 22 penerbangan tambahan.
Dari 22 penerbangan tambahan penerbangan tersebut, 13 diantaranya direncanakan akan diarahkan ke Yogyakarta International Airport, sedangkan 9 sisanya akan diarahkan ke Bandara Internasional Adisutjipto.
General Manager AP I Bandara Internasional Adisutjipto, Agus Pandu Purnama mengatakan jika pihaknya sudah mengumpulkan airline.
Dari sejumlah airline yang ada, 4 diantaranya mengajukan tambahan penerbangan, yakni Air Asia, Lion Air, Sriwijaya Air serta Express Air.

"Sesuai dengan himbauan Menteri Perhubungan, bahwa extra flight kita diarahkan ke YIA. Ada empat yang mengajukan tambahan penerbangan, ada yang mengusulkan pagi sampai sore bahkan malam," terangnya dalam buka bersama di Omah Dhuwur Restauran, Kotagede, Bantul pada Selasa (21/5)
Pandu menjelaskan, dikarenakan operasi di YIA baru dari pukul 06.00-18.00 WIB, maka untuk penerbangan malam akan diarahkan ke Adisutjipto.
"Kalau operasi di YIA dari pagi sampai 16.00 WIB. Yang penerbangan malam tetap di Adisutjipto. Kami di Adisutjipto susah siap menampung. Sedangkan untuk di YIA juga sudah siap semua, baik dari ruangan, SDM, maupun angkutan darat pendukung seperti DAMRI berjumlah 12, Suttle Bus 15, 20 unit taxi berargo, maupun kereta," katanya.

Untuk tujuan dari penerbangan tambahan tersebut diantaranya menuju Jakarta, Bali, Balikpapan, Samarinda, Pontianak, Makassar
Selain tambahan penerbangan, di Bandara Adisutjipto maupun YIA juga akan dibuka posko selama 16 hari mulai tanggal 29 Mei sampai dengan 13 Juni 2019, atau H-7 sampai dengan H+8 lebaran.
Di Bandara Adisutjipto sendiri posko akan ditempatkan di Terminal A Dan B, sedangkan di YIA posko akan ditempatkan di lobby keberangkatan domestik.
"Untuk pelaksanaan posko terpadu ini tentunya akan melibatkan beberapa instansi, seperti Kantor Kesehatan Pelabuhan, POM AU, Hanlan, Intel, Detasemen Hanud 474 Paskhas, Basarnas, Sabhara, Polantas dan Satuan Radar 215 Congot," terangnya.
Pandu mengatakan jika untuk prediksi jumlah penumpang sendiri, pihaknya belum bisa memprediksikan. Namun demikian pihaknya sudah mengantisipasi.
"Prediksi belum tahu, kita lihat menjelang posko. Sekarang saya masih lihat, kalau real sebelum lebaran masih low season. Penumpang masih turun 40% dibanding tahun lalu untuk harian. Untuk mudik lebaran kita belum bisa prediksi," katanya.
dikutip dari Tribun Jogja.com
Sudah dilihat 18 kali

Komentar