Permainan Tradisional " Dua Lima/ Jethungan"

26979 medium 20180622 083232
"Dua lima atau Jethungan" Merupakan salah satu permainan tradisional yang mungkin sudah jarang ditemui. Ditengah-tengah asiknya gadget, hampir semua anak tidak kenal dengan permainan tradisional.
Pemandangan unik di Dusun Ngebrak Barat Semanu, beberapa anak terlihat asik memainkan salah satu permainan tradisional yang mereka menyebunya dengan "Dua lima atau Jethungan". Permainan ini hampir sama dengan petak umpet hanya saja cara menentukan siapa penjaganya yang berbeda. 25 atau Jethungan ini dimainkan dengan cara melempar sandal kesebuah lingkaran dengan jarak beberapa meter. Lemparan sandal yang tidak masuk atau jauh dari lingkaran itulah yang kalah dan menjadi penjaga.
Sang penjaga berhitung sambil memejamkan mata, sedang pemain yang lain bersembunyi. Ketika sang penjaga mencari dan menemukan pemain lain dia berlari kelingkaran dengan menyebutkan nama pemain yang ditemukan dan mengatakan 25 jet.
Permainan tradisional mengandung banyak manfaat dari dari nilai-nilai budaya sampai pada melatih sosial kemasyarakatan. Misalnya melatih kejujuran, kerjasama, berfikir dan sportifitas serta masih banyak lainnya.
Mari ajarkan permainan tradisional kepada anak cucu kita sebagai warisan budaya bangsa ini.
Sudah dilihat 76 kali

Komentar