Peringati Hardiknas, Pelajar di Bogor Lomba Membatik, Melukis, dan Cipta Puisi

2 May 2019, 14:35 WIB
3 1 50
Gambar untuk Peringati Hardiknas, Pelajar di Bogor Lomba Membatik, Melukis, dan Cipta Puisi
Oleh : Husnul Khatimah

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) puluhan siswa Sekolah Dasar (SD) di Kota Bogor mengikuti lomba membatik, melukis, dan cipta puisi di Taman Ekspresi, Kamis (2/5/2019).

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Perencanaan dan Pelaporan (Renlap) pada Disdik Kota Bogor Jajang Koswara mengatakan tujuan diadakannya lomba ini selain untuk memperingati hardiknas juga untuk mengembangkan kreativitas, imajinasi dan karakter siswa melalui olah rasa, olah pikir dan olah gerak.

Siswa yang ikut dalam perlombaan adalah pelar se-Kota Bogor yang sebelumnya telah menjadi juara di perlombaan yang sama di tingkat kecamatan masing-masing. Ada sebanyak 18 peserta yang ikut berpatisipasi untuk masing-masing perlombaan.

"Kita tujuannya sesuai dengan tema hari pendidikan menggali kreativitas dari anak itu apa, nah kami ingin memeriahkan hari pendidikan nasional tidak hanya sekedar upacara tapi keterlibatan anak dalam lomba-lomba yang kita adakan ini," ujarnya disela acara.

Jajang menjelaskan tiga nomor perlombaan yang diadakan bukan tanpa alasan. Lomba membatik katanya bertujuan agar siswa SD mengenal adanya tradisi budaya membatik dengan tujuan ikut menjaga kelestarian membatik.

"Kemudian lomba melukis adalah mengasah kreativiatas anak dengan melukis, begitu juga dengan lomba cipta puisi anak-anak dituntut untuk berinovasi dan berkreasi untuk menghasilkan karya terbaiknya sehingga baik bagi perkembangan tumbuh kembang anak," katanya.

Nantinya sambung Jajang akan diambil tiga orang pemenang dan setiap pemenang akan dihadiahkan uang pembinaan.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor, Fachrudin mengatakan perlombaan ini diharapkan oleh pihaknya dapat mengasah bakat dan minat pelajar serta menumbuhkan kreativitas pada anak.

"Ini penyelenggaraan tahun kedua dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional, itu dalam rangka mengembangkan bakat dan minat anak-anak dalam bidang lukis dan puisi, ya saya rasa ini sesuai dengan tema hardiknas ini yaitu mengenbangkan kreativitas," katanya.

  1 Komentar untuk Peringati Hardiknas, Pelajar di Bogor Lomba Membatik, Melukis, dan Cipta Puisi

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar