PERHATIKAN HAL PENTING DALAM EVAKUASI KORBAN

2 January 2020, 16:48 WIB
2 0 200
Gambar untuk PERHATIKAN HAL PENTING DALAM EVAKUASI KORBAN
Doc: ERP, SCBA, Komunikasi dan Ekstrikasi

Sabtu, 28 Desember 2019, Hari pertama Setelah Upacara Pembukaan Pelatihan Tanggap Darurat PMI Kabupaten Banyuwangi di Edotel Hotel SMKN 1 Banyuwangi, acara dilanjutkan Pembelajaran hari pertama.

Fasilitator Heri Suwarsono selaku Ketua Tim memperkenalkan kru pelatih, Beliau menjelaskan Tim berasal dari PMI Propinsi Jatim kota Malang. Kemudian Beliau menyampaikan tujuan materi kepada peserta, materi yang dibawakan adalah materi ERP (Emergency First Aid Respon Plan). Tujuan materi agar peserta mampu menggali kronologi kejadian, mengetahui resiko yang ditimbulkan, mampu mengevakuasi dengan cara yang aman. Dan dalam materi beliau memberikan pendidikan cara merespon atau memberikan pertolongan pertama pada keadaan darurat. Beliau juga menunjukkan dokumentasi foto dan video sebagai motivasi untuk peserta , contohnya dokumentasi penugasan di lapangan, kasus yang timbul dipermukaan, kejadian kecelakaan, sampai keadaan darurat. "Relawan juga harus memperhatikan keadaan sebelum memberikan pertolongan. Jangan sampai menyelamatkan satu korban tapi melayangkan dua nyawa." tegas Hery Suwarsono selaku ketua tim fasilitaator. Materi dilengkapi dengan penyampaian system penanggulangan gawat darurat terpadu. Fasilitator menggambarkan prediksi cedera akibat kecelakaan seperti tabrakan , benturan, terlempar, terbalik, dan resiko bekerja di ketinggian.

Dilanjutkan Pembelajaran kedua tentang SCBA, pada materi ini Fasilitator mengawali dengan pengenalan alat bantu pernapasan, tentang jenis, definisi, dan pemanfaatan alat. Diberikan juga penggambaran keadaan darurat ,potensi yang ditimbulkan ,dan resiko jika tidak savety. Fasilitator juga menerangkan tentang bahaya yang ditimbulkan apabila terjatuh dari ketinggian sampai trauma yang diakibatkan. Yang terpenting dalam materi ini, adalah cara pemasangan alat pembantu pernapasan saat evakuasi korban karena akibat keadaan darurat yang disebabkan adanya udara yang berbahaya ataupun karena kekurangan oksigen.

Menyambung materi berikutnya yaitu Disampaikan oleh Fasilitator Zamroni Erwan, tentang komunikasi dan ekstrikasi, disebutkan beberapa ketrampilan berkomunikasi karena pada konsepnya dengan komunikasi yang baik kordinasi akan tereselesaikan dengan baik. Sesi ini memotivasi para relawan untuk menjadikan PMI bagian terdepan dalam komunikasi dan kordinasi.

Sesi pembelajaran berikutnya , fasilitator mengajak peserta keluar ruangan , menggunakan beberapa alat penunjang evakuasi korban. Mereka mencontohkan cara mengevakuasi korban yang aman sehingga mengedepankan keselamatan korban. Fasilitator memberikan kasus pengevakuasian korban dalam mobil yang mengalami kecelakaan. Masing masing peserta belajar secara kelompok, praktek dalam mengevakuasi korban dengan memanfaatkan alat alat yang digunakan secara tepat dan aman.

Hari pertama Pelatihan TDB
PMI Kabupaten Banyuwangi 28/12/2019

  Komentar untuk PERHATIKAN HAL PENTING DALAM EVAKUASI KORBAN

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. BAHU MEMBAHU, PUSKESMAS BONJERUK DAN PEMDES LAWAN COVID-19

    Lalu Iskandar  di  Jonggat, Lombok Tengah  |  1 Apr 2020
  2. Cara Dapatkan Token Listrik Gratis Untuk Pelanggan Prabayar PLN 450 VA dan 900 VA

    Gibran Waluyo  di  Bandung Kabupaten  |  2 Apr 2020
  3. Suara Siswa SMA, UN di tiadakan (?) #WargaLawanCorona

    Ranty Meyliana  di  Tolitoli  |  30 Mar 2020
  4. Bijak Dalam Menyikapi Berita COVID-19 di Media Sosial

    Amira Qisthi  di  Kopang, Lombok Tengah  |  29 Mar 2020

Komentar Terbanyak

  1. 4
    Komentar

    BERBAGI ITU INDAH SELALU ADA HIKMAH DI BALIK MUSIBAH

    Moezza  di  Sukawangi, Bekasi Kabupaten  |  31 Mar 2020
  2. 4
    Komentar

    Penyerahan Masker Dan Hand Sanitizer Di Daerah Bogor Dan Puskesmas Tanah Sareal

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Tanah Sareal, Bogor Kota  |  1 Apr 2020
  3. 4
    Komentar
  4. 4
    Komentar

    Suara Siswa SMA, UN di tiadakan (?) #WargaLawanCorona

    Ranty Meyliana  di  Tolitoli  |  30 Mar 2020