Perangi Sampah, Pemkot Bekasi Luncurkan Program Sedekah Sampah

67187 medium post 71584 f1714653 2508 4db3 a4b5 baf2c495561b 2019 07 19t06 23 07.129 07 00
Perangi sampah, Pemerintah Kota Bekasi luncurkan Program Sedekah Sampah pada Senin 22 Juli 2019. Dalam hal ini Aparatur Sipil Negara (ASN) jadi contoh awal guna berkontribusi dengan membawa sampah anorganik untuk diolah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi.
"Kita mulai dari lingkungan Pemerintah Kota Bekasi dulu sebagai contoh, yang nantinya kita teruskan hingga tingkat kelurahan dan juga RT RW," kata Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kemasyarakatan Pemkot Bekasi Darsono di Bekasi, Selasa 17 Juli 2019.
Plh Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Kustantinah menambahkan, dengan sedekah sampah bisa membangun kesadaran pengelolaan sampah secara sederhana. Selain itu sedekah sampah bisa jadi sumber pembiayaan program kemandirian masyarakat. Program ini dapat membangun wirausaha di bidang pengelolaan sampah dalam jangka panjang. Adapun jenis sampah berupa kertas kardus, kertas koran, botol dan juga minyak jelantah.
"Langkah awal yang kita lakukan dimulai dari lingkungan Kantor Wali Kota Bekasi. Seperti pelaku usaha kuliner di area kantor tidak menyediakan kantong plastik dan penggunaan styrofoam pada makanan," ujarnya.
Cara kerja sedekah sampah dimulai setiap Senin sebelum apel maupun sesudah apel. aparatur membawa sampah anorganik dari rumah dan mengumpulkan ke kantor masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Kemudian sampah yang terkumpul dibawa untuk ditimbang dan dibawa ke Bank Sampah Induk Patriot.
"Kita intinya mendorong para aparatur untuk menjaga kebersihan. Mulai dari mengelola sampah menjadi produk bermanfaat dalam program sedekah sampah. Ini semua untuk mewujudkan Kota Bekasi yang bersih," katanya.
Selengkapnya:
Medcom.id (Perangi Sampah di Kota Bekasi Lewat Sedekah Sampah)
Sudah dilihat 121 kali

Komentar