Peralihan Musim, Bogor Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem

36849 medium bmkg

DRAMAGA, AYOBOGOR.COM--Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dramaga Bogor memperkirakan wilayah Kabupaten Bogor dan Kota Bogor berpotensi dilanda cuaca ekstrem saat musim peralihan kemarau ke musim hujan.

"Peralihan musim ini dari Oktober sudah mulai, nantinya sampai November atau Desember habis itu masuk musim hujan," ujar Hadi Saputra, Kepala Seksi Pusat Data dan Informasi BMKG Dramaga, Senin (22/10/2018).

Hadi menuturkan, semua wilayah Bogor tanpa terkecuali berpotensi terjadinya cuaca ekstrem itu karena awan Cumulonimbus yang menjadi penyebab cuaca ekstrem akan berada di langit Bogor.

Dijelaskan, cuaca ekstrem yang dimaksud adalah akan terjadinya petir secara tiba-tiba, hujan lebat dengan tiba-tiba dan secara cepat, angin kencang serta bahkan berpotensi terjadinya hujan es.

"Gejala ini sering terjadi di musim peralihan baik itu peralihan musim kemarau ke musim hujan atau sebaliknya musim hujan ke musim kemarau," kata Hadi.

Menurutnya, musim peralihan di Bogor sudah mulai terlihat beberapa hari belakangan yang ditandai terjadinya petir dan perubahan cuaca yang mencolok dimana pada pagi hari langit terlihat cerah dan sore harinya hampir selalu terlihat mendung.

"Prediksinya akan terjadi hujan lebat pada waktu sore dan malam hari," kata Hadi.

Masyarakat diminta waspada terhadap potensi cuaca ekstrem yang terjadi terutama dengan potensi adanya petir.

"Kalau dengar petir jangan berlindung dibawah pohon, papan reklame, waspada dan kita akan selalu berikan warning akan adanya potensi hujan lebat atau yang lainnya," pungkas Hadi.


Oleh Husnul Khatimah
Editor : Andri Ridwan Fauzi
Sudah dilihat 46 kali

Komentar