Pentingnya Sosialisasi Bagi Partisipasi Pemilih Pemula Penyandang Disabilitas

0 0 39
SOLO- Isu soal pemilih pemula menjadi salah satu hal penting dalam sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Solo 2020. Terbukti dengan dibentuknya basis pemilih pemula dalam relawan Gerak Pasti Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Solo. Tidak berbeda dengan pemilih pemula yang lain, pemilih pemula berkebutuhan khusus/disabilitas, juga berhak mendapatkan sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Solo oleh lembaga terkait. Hak politik tersebut sudah diatur dalam UU NO 8 2016, dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum(PKPU) No.6, 10, dan 13 2020.
Sementara, tersalurkannya hak penyandang disabilitas sebagai pemilih pemula menjadi pengetahuan baru bagi penyandang disabilitas. Penyandang disabilitas sensorik penglihatan, Dinar, Minggu (1/11/2020), mengatakan ini merupakan tahun pertama dia punya hak pilih. Sebagai pemula, dirinya merasa perlu mendapat banyak informasi soal Pilkada. Misalnya soal sistem Pilkada, tahapan Pilkada, hingga hal lain soal pelanggaran-pelanggaran Pilkada. Hal itu penting untuk dirinya ketika nanti harus ikut mencoblos.
Ketua Gergatin Solo, Galih, Minggu, ikut menekankan pentingnya sosialisasi bagi pemilih pemula penyandang disabilitas. Terlebih penyandang disabilitas sensorik pendengaran. “Kami tidak bisa mendengar, kami ada hambatan dalam memahami bahasa orang yang bisa mendengar, namun kami juga berhak mendapatkan hak demokrasi dan hak politik kami sudah dilindungi Undang-Undang. Maka wajib hukumnya, kami mendapatkan sosialisasi Pilkada Kota Solo tahun ini, dengan baik dan layak sesuai dengan peraturan yang berlaku,” terangnya.
Saat ditanya mengenai partisipasi penyandang disabilitas pendengaran/tuli, dalam pemilu sebelumnya, Galih, mengatakanada beberapa teman yang sudah berhak untuk memilih. Namun karena ada kendala aksesibilitas, mereka tidak menggunakan haknya. “Semoga dengan adanya perbaikan dari tahun ke tahun, dalam adanya sosialisasi Pilkada, menjadikan partisipasi penyandang disabilitas untuk memilih lebih baik dan meningkat,” tambahnya.
Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti, sebelumnya pernah mengatakan bahwa pihaknya selalu berupaya melakukan sosialisasi yang menyeluruh serta aksesibel bagi semua kalangan. Hal itu mencakup disabilitas, pemilih pemula, perempuan, kaum marjinal, dan lain sebagainya. Misbahul Arifin

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Pray For Indonesia Januari 2021

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Klaten Utara, Klaten  |  17 Jan 2021
  2. Pray For Indonesia From Tangerang

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Cisauk, Tangerang Kabupaten  |  19 Jan 2021
  3. Terpilihnya Dhiyaur Ridho, Begini Harapan dan pendapat teman-teman IKAMALA Sidoarjo

    Zuria Qurrotul Aini  di  Brondong, Lamongan  |  21 Jan 2021

Komentar Terbanyak

  1. 2
    Komentar

    Pembukaan Beasiswa Banyuwangi Cerdas 2021

    Wisnu Artedjo  di  Banyuwangi  |  21 Jan 2021
  2. 2
    Komentar
  3. 2
    Komentar

    Terpilihnya Dhiyaur Ridho, Begini Harapan dan pendapat teman-teman IKAMALA Sidoarjo

    Zuria Qurrotul Aini  di  Brondong, Lamongan  |  21 Jan 2021
  4. 1
    Komentar

    Pengungsi Banjir Kota Pekalongan Telah Kembali Ke Rumah Masing-Masing

    Siswoyo R  di  Pekalongan Kota  |  21 Jan 2021