PENGEMBANGAN PENDIDIKAN INKLUSI DI LOMBOK TENGAH

Header illustration
Kabupaten Lombok Tengah sejak Tahun 2015 sudah memproklamirkan diri sebagai daerah inklusi. Daerah yang lembaga pendidikan formalnya sekaligus sebagai penyelenggara pendidikan inklusi. Kebijakan ini diambil dengan alas kesadaran bahwa pendidikan berlaku untuk semua (education for all). Di dalam regulasi Republik Indonesia hal tersebut sudah dibatasi dengan jelas bahwa seluruh rakyat Indonesia berhak atas pendidikan yang layak (tanpa ada diskriminasi dalam berbagai aspek dan bentuk). Amanat regulasi tersebut mengisyaratkan bahwa seluruh rakyat boleh menempuh proses pendidikan di lembaga pendidikan yang mereka kehendaki (sesuai jenjang) tanpa boleh dibedakan dalam hal perlakuan.

Hal kedua adalah pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Lombok Tengah menyadari bahwa di banyak sekolah masih terdapat banyak anak inklusi, anak yang memiliki kebutuhan khusus. Anak dengan indikasi ini harus didampingi secara khusus agar dapat berkembang selayaknya anak di usia mereka. Untuk mewujudkan hasrat tersebut diupayakan melalui kerjasama dengan Palladium melalui Program INOVASI.

Kerjasama yang telah dilaksanakan sejak tahun 2016 ini, melahirkan banyak praktek baik untuk pengembangan pendidikan inklusi di Kabupaten Lombok Tengah. Pada beberapa sekolah binaan telah mampu menerapkan apa yang dipelajari bersama Program INOVASI.

Pendekatan terbaru yang akan digunakan saat ini adalah pengembangan pendidikan inklusi berbasis KKG. Wilayah utama yang akan dibina adalah Kecamatan Kopang dan Batukliang. Terkait dengan kepentingan tersebut, Program INOVASI bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Lombok Tengah mengadakan Lokakarya Pembekalan Program sebagai langkah awal. Kegiatan yang dihadiri pihak Disdik Loteng, UNRAM dan INOVASI ini merupakan kegiatan awal untuk padupadan gagasan dalam pelaksanaan kegiatan di dua kecamatan terpilih. Lokakarya berlangsung di Kompleks Perkantoran Dinas Pendidikan Provinsi NTB (sekaligus kantor Program INOVASI NTB) tanggal 14-15 Agustus 2019.

Semoga berhasil dengan baik. Aamiin
Sudah dilihat 18 kali

Komentar