Pemkot Depok Bebaskan Lahan untuk Bangun RSUD Wilayah Timur di Cimpaeun

32648 medium 12092018
Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disrumkim) Kota Depok sudah merampungkan pembebasan lahan untuk pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) wilayah timur. Untuk lokasi lahan tersebut berada di Kelurahan Cimpaeun, Kecamatan Tapos.

“Kami sudah membebaskan dan membayar lahan untuk pembangunan RSUD wilayah timur. Tinggal menunggu penyampaian berita acara penyerahan hasil belanja ke Badan Keuangan Daerah (BKD) bidang aset,” kata Kepala Bidang Pertanahan, Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disrumkim) Kota Depok, Usep kepada depok.go.id, belum lama ini.
Menurutnya, pemilihan lahan di Kelurahan Cimpaeun telah melalui berbagai pertimbangan. Diantaranya lokasi yang strategis karena berada di tengah wilayah timur, harganya yang terjangkau, dan kepemilikannya jelas karena memiliki dokumen yang lengkap, serta tidak ada bangunan yang berada di atas lahan tersebut.
“Pemilihan lahan ini juga sesuai dengan kajian yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) yang menginginkan pembangunan RSUD berada di Kecamatan Tapos,” katanya.
Lebih lanjut, ucap Usep, lahan yang terbebaskan untuk pembangunan RSUD wilayah timur seluas 9.811 meter persegi. Luas lahan tersebut, ucapnya, melebihi dari yang diusulkan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok yaitu 9.000 meter persegi.
“Jadi total anggaran yang dialokasikan untuk pembebasan lahan ini sebesar Rp 50 miliar. Tetapi yang terserap hanya Rp 29 miliar, sisanya dikembalikan ke kas daerah,” ujarnya.
Dirinya menambahkan, setelah pembebasan lahan akan dilanjutkan pada pembangunan fisik yang diperkirakan dilakukan pada tahun 2019. Namun, sebelum itu, terlebih dahulu akan dilakukan penganggaran untuk perencanaan pembangunan.
“Langkah awal kalau sudah ada lahan, biasanya akan masuk pada tahap penganggaran untuk perencanaan pembangunan. Tahun berikutnya baru pembangunan fisiknya,” tandasnya.

sumber : Diskominfo Depok
Sudah dilihat 27 kali

Komentar