Pemkab Bekasi Tidak Tegas Kepada Oknum Yang Mengotori Kali

20 February 2019, 07:56 WIB
2 0 87
Gambar untuk Pemkab Bekasi Tidak Tegas Kepada Oknum Yang Mengotori Kali
Pemerintah Kabupaten Bekasi diminta tegas menindak juga menyusut para oknum yang diduga tidak segan mengotori kali-kali di wilayah Kabupaten Bekasi sehingga lingkungan kali terlihat jorok dan tidak mencerminkan Visi Bekasi Bersih.

Diketahui, masalah kali yang tercemar akibat sampah hingga ratusan meter menyerupai daratan terjadi di sejumlah wilayah. Kali terparah dialami Kali Pisang Batu di Kecamatan Tarumajaya, Kali Cibalok di Cikarang Utara, dan terbaru Kali Jambe di wilayah Tambun Utara.

"Di dalam undang-undang pengelolaan lingkungan, ada bahasa pemerintah berhak melakukan atau melaporkan menjadi sebuah tindak pidana, bila ada orang atau sekelompok orang melakukan pencemaran lingkungan," jelas Pemerhati Lingkungan dari Koalisi Persampahan Nasional Benny Tunggul ditemui di Cikarang, Senin (18/2/2019).

Dia menyampaikan, masyarakat bisa teledor karena aturan tidak dijalankan oleh pemerintah itu sendiri. Menurutnya, pengawasan lapangan memang penting, hanya saja jika tanpa tindak lanjut penindakan maka tidak akan ada istilah jera bagi para oknum.

"Saya pikir legal action itu harus dilakukan. Jadi tidak hanya melakukan pengawasan, tetapi pemkab harus mengeluarkan sikapnya yang legal sesuai undang-undang," ujarnya.

Namun, lanjut Benny, pemerintah sendiri harus menganalisis mengapa penyakit sosial ini diperbuat seolah masif karena terjadi tidak hanya di satu wilayah.

Bisa jadi, tambahnya, oknum masyarakat sengaja membuang sampah di aliran kali karena kurang terfasilitasi, misalnya dengan menyediakan sarana pembuangan sampah sementara sebelum diangkut menuju tempat pembuangan akhir atau karena masalah TPA itu sendiri yang sudah melampaui kapasitas.

"TPA tidak dapat menampung, akhirnya sampah dibuang ke sungai atau muncul TPS-TPS liar. Itu (daya tampung TPA melampaui batas) menjadi kekuatan masyarakat untuk melakukan pengelolaan sendiri," ujarnya.

Dia menambahkan, banyak cara untuk keluar dari masalah sampah ini. Selain menindak tegas oknum pembuang sampah, pengelolaan sampah dari hulu bisa lebih digiatkan, berikut kewajiban menambah luas lahan TPA harus disegerakan.

http://www.ayobekasi.net/read/2019/02/18/2190/pemkab-bekasi-diminta-tegas-tindak-oknum-pencemar-kali

  Komentar untuk Pemkab Bekasi Tidak Tegas Kepada Oknum Yang Mengotori Kali

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!