Pemisahan Parkir di Depok Demi Berikan Kemudahan dan Keamanan Bagi Perempuan

Header illustration
Pengamat Transportasi dari Unika Soegijapranata, Djoko Setijowarno mengapresiasi langkah Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terkait penyediaan lahan ladies parking di sejumlah lokasi yang ada di lingkup pemerintahan di Depok. Menurut Djoko, selain bertujuan memudahkan perempuan, pemisahan ini patut didukung karena berangkat dari niat untuk menjadikan fasilitas umum ramah bagi perempuan.

Apalagi, ucap Djoko, keberadaan parkir tersebut demi menunjang pelayanan dan mempermudah masyarakat dalam kenyamanan. Selain juga agar tercipta rasa aman bagi pengunjung fasilitas publik, keberadaan ladies parking dirasa sudah tepat.

“Lihat dulu tujuannya kemana. Kalau memang untuk meningkatkan keamanan, dan kenyamanan pelayanan bagi masyarakat tidak masalah,” ujar Djoko kepada depok.go.id saat dihubungi melalui telepon selulernya, Senin (15/07/2019).

Lebih lanjut, ujarnya, untuk lebih memberikan rasa aman bagi masyarakat, hendaknya Pemkot Depok memasang sejumlah CCTV di titik tempat parkir publik. Karena pada prinsipnya penyediaan tersebut untuk mempermudah masyarakat, namun jika ada masukan lain dari masyarakat konteksnya akan berbeda lagi.

“Lokasi ladies parking akan lebih memudahkan perempuan. Jadi tempat khusus bagi perempuan di transportasi umum menjadi sebuah keniscayaan dan patut didukung, termasuk fasilitas pendukung seperti pemasangan CCTV agar bisa terpantau kalau sesuatu hal buruk terjadi,” tandasnya.

sumber: pemkotdepok
Sudah dilihat 16 kali

Komentar