Pemdes Kebonharjo Gandeng Pelkes Margo Mulyo Atasi Stunting dan Hipertensi

65051 medium post 69840 2109ab07 6d49 4da1 905d 8b752590a65f 2019 06 30t23 26 12.960 07 00
Benjamin Salim mengungkapkan kesan yang mendalam untuk warga yang hadir dan mengapresiasi tanggapan warga dalam menerima Bakti Sosial yang ia adakan bersama tim Pelayanan Kesehatan GPIB Margo Mulyo Yogyakarta di Balai Desa Kebonharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo pada hari Sabtu 29 Juni 2019.
Kegiatan ini merupakan perwujudan dari diskusi bersama dengan Pemdes Kebonharjo untuk meningkatkan budaya periksa kesehatan warga desa agar mampu terdeteksi sejak dini potensi ganguan kesehatan yang akan timbul. Untuk menarik warga di meriahkan urgent tunggal putra putri Kebonharjo yang dipimpin Bapak Mardi.
Selain itu, bakti sosial untuk menciptakan ruang transfer pengetahuan kesehatan kepada warga diwujudkan melalui peyuluhan dan diskusi dalam mengenali dan mencegah penyakit tidak menular hipertensi. Hal ini merujuk dari hasil Survey Mawas Diri ( SMD) dimana terjadi peningkatan jumlah pasien yang menderita gejala hipertensi berdasar data pasien di Pusling, Puskesmas Pembantu dan Puskemas 2 Samigaluh. 
Bidan Desa Tyas Ningrum yang terlibat monitoring dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa pasien yang periksa masih ada yang belum periksa di layanan kesehatan milik pemerintah dan belum terdata, kegiatan ini ternyata mampu menambah informasi warga yang belum periksa dan perlu perhatian lagi ungkapnya.
Selain hipertensi Pemerintah Desa Kebonharjo juga memiliki agenda utama dalam penanganan stunting, saat ini masih diangka lebih dari 30�lita mengalami stunting, dengan membagikan 33 bingkisan PMT untuk Balita dan pemeriksaan mampu menguraangi angka tersebut.
Sebayak 4 dokter memberikan pelayanan dan salah satunya adalah dokter gigi, kegiatan yang berlangsung dari jam 10.00 WIB berakhir sampai jam 12.30 dan sebanyak 74 pasien antusias memeriksakan kesehatannya.
Hadir dalam kesepatan tersebut Kepala Desa Kebonharjo, Rohmad Ahmadi S.IP, Babinsa, Bhabinkhatibmas, Perangkat Desa, Bidan Desa, BPD, Mahasiswa KKN Atmajaya dan warga masyarakat.


Berita juga di publikasikan di
www.kebonharjo-kulonprogo.desa.id
 
Sudah dilihat 38 kali

Komentar