Pembatasan Penggunaan Plastik Mulai Disosialisasikan ke Pasar Tradisional

60182 medium dom 1556266845
Oleh : Fira Nursyabani

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Kota Bogor akan membatasi penggunaan kantong plastik sekali pakai di pasar tradisional. Hal itu dilakukan untuk memperluas penerapan Peraturan Walikota No 61 Tahun 2019 tentang pengurangan penggunaan kantung plastik.

"Pasar modern dan retail kini tidak lagi menyediakan kantong plastik, mulai Senin ini kami sudah mulai sosialisasi di pasar-pasar tradisional," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor Elia Buntang, Senin (30/4/2019).

Menurut dia dengan adanya peraturan tersebut tidak ada pihak yang dirugikan. Masyarakat Bogor sangat mendukung kebijakan pemerintah daerah untuk membatasi penggunaan plastik sekali pakai.

Masyarakat pun telah terbiasa menggunakan kantong belanjaan sendiri ketika belanja. "Mereka pun sudah terbiasa membawa kantong saat berbelanja ke pasar tradisional," kata dia.

Terkait gugatan yang dilakukan Asosiasi Industri Olefin, Aromatik, dan Plastik Indonesia terhadap peraturan tersebut, dia mengatakan Kota Bogor siap menghadapi tuntutan itu.

"Kami tidak akan mundur, kami akan terus melakukan perubahan. Selama ini mereka juga tidak pernah bertanggung jawab atas dampak dari sampah plastik yang mereka hasilkan," kata dia.

Elia mengatakan, dengan pembatasan kantong plastik di pasar modern dan retail , Kota Bogor telah mengurangi sekitar 41 ton plastik per bulan.

Sudah dilihat 31 kali

Komentar