Pasanggiri Sirung Sinden Cicih Cangkurileung

25278 medium img 20180509 213543
AtmaGo Subang– Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Subang telah sukses menggelar Pasanggiri Kepesindenan “Sirung Sinden” Cicih Cangkurileung di Aula Wisma Haji, Jl. Arif Rahman Hakim, Subang, Rabu (9/5/2018).

Kegiatan pasanggiri yang masih dalam rangkaian peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2018 ini diikuti para oleh para pelajar Subang yang diharapkan akan menjadi tunas-tunas baru pesinden yang akan mengharumkan nama Subang.

“Tentunya seperti maestro sinden asal Subang, Titim Fatimah dan Cicih Cangkurileung,” kata kata Kasie Kesenian Disdikbud Subang, Noneng Iriyani S.Sn.

Penyelenggaraan pasanggiri kepesindenan yang diperuntukkan bagi sirung (tunas) sinden ini menggunakan nama Cicih Cangkurileung. Sementara untuk nama Titim Fatimah, sudah lebih dahulu digunakan untuk nama festival bagi sinden profesional, yang memperebutkan Piala Titim Fatimah.

“Kegiatan ini diikuti oleh 12 peserta yang berasal dari pelajar SMP dan SMA. Kami berharap, nantinya akan lahir pesinden-pesinden baru yang mengikuti jejak pesinden legendaris seperti Cicih Cangkurileung,” kata Noneng.

Pada kesempatan tersebut secara simbolis diserahkan piala pasanggiri ini dari keluarga Cicih Cangkurileung kepada Kabid Kebudayaan Disdikbud Kabupaten Subang, Didin Mahpudin.

Kemudian, Kadisdikbud Kabupaten Subang, Suwarna dalam sambutannya mengungkapkan Cicih Cangkurileung adalah icon sinden sohor pada masanya sehingga disebut seorang maestro. Karenanya sangat pantas jika namanya dijadikan icon untuk nama sebuah perlombaan.

“Dan kedepan, festival kepesindenan ini akan ditingkatkan baik kualitas pelaksanaannya maupun anggarannya. Kalau sekarang pesertanya hanya se-Kabupaten Subang, nanti kita coba pesertanya dari satu wilayah Purwasuka misalnya,” ungkapnya.

Selain itu ke depan kata Suwarna, perlombaan ini akan dicoba berjenjang mulai dari SD, SMP, hingga SMA. “Selepas kegiatan ini kita harus langsung sosialisasikan kembali ke sekeloha-sekolah mengenai kegiatan ini, sehingga ke depan pesertanya semakin banyak,” pungkasnya.

Selepas acara pasanggiri Sirung Sinden, ditempat yang sama juga akan digelar festival teater se-Kabupaten Subang, yang akan digelar besok, Kamis (10/5/2018).
Sudah dilihat 69 kali

Komentar