Musim Kemarau Panjang, Danau Tasikardi Terdampak Surut

12 July 2019, 22:30 WIB
1 0 59
Gambar untuk Musim Kemarau Panjang, Danau Tasikardi Terdampak Surut
Kramatwatu.,| – Salah satu sumber perairan keraton dan sawah penduduk disekitar kesultanan Banten pada masa Sultan kedua Maulana Yusuf yaitu danau Tasikardi, yang berlokasi di Desa Margasana Kecamatan Kramatwatu turut terdampak adanya musim kemarau kali ini.
.
Safei salah satu Pengelola Danau Tasikardi mengatakan, danau Tasikardi sudah mulai surut sejak tidak ada musim penghujan. Akibatnya volume air turun sekitar 1 meter dari hari biasa, Jumat (12/7/2019).
.
“Ya sejak hujan terakhir saja, sampai sekarang enggak ada hujan lagi. Turun 1 meter, itu kan ada batas airnya,” ujarnya.
.
Safei melanjutkan, akibat kemarau ini sejumlah wahana air seperti perahu dan bebek bebekan tidak dapat digunakan. Bahkan dua wahana itu kini mulai rusak dan ditumbuhi rumput. “Pada rusak karena air semakin menurun dan kena panas jadi pada pudar. Kalau kesana (pulau kecil) kelihatan tanahnya,” ucapnya.
.
Musim kemarau ini juga berdampak pada tingkat kunjungan. Sebab diakuinya di Tasikardi ini belum banyak wahana untuk dikunjungi. “Pengunjung paling dari Banten (lama) banyak yang mampir kesini. Kalau hari mingu mah ada tamunya, kalau sekarang mah paling orang pacaran. Searang pengunjung kan hanya cari permainan. Lihat apa kesini paling untuk makan sambil ngadem,” tuturnya.
.
Ia mengatakan, ketika libur lebaran, tingkat kunjungan ke Tasikardi cukup lumayan. Namun dirinya tidak tahu berapa angka pasti kunjungan. “Banyak pengunjung pas lebaran, kebanyakan orang tetangga sini. Yang dari luar mah paling pengen mampir kesini doang,” ucapnya.
.
Disinggung soal pengelolaan, Safei mengatakan Tasikardi dikelola oleh pemkab Serang. “Udah Pemda yang kelola, mudah mudahan ada penambahan wahana. Kalau tiket masuk kesini Rp10 ribu per motor dan mobil Rp 20 ribu,” tuturnya.
.
#AtmagoBanten
#Atmago

  Komentar untuk Musim Kemarau Panjang, Danau Tasikardi Terdampak Surut

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!