Munggang Gesikan di Dusun Gebang akan Dijadikan Kebun Pala Desa

48995 medium post 55479 9b85e37f 6874 4b8f b984 fdafe43e8963 2019 02 05t11 43 27.081 07 00
Tanaman Pala merupakan salah satu produk rempah yang mampu dihasilkan di Desa Kebonharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo.
Pohon Pala atau yang bernama latin Myristica fragrans merupakan tumbuhan berupa pohon yang berasal dari kepulauan Banda, Maluku. Menjadi salah satu komoditi perdagangan yang penting sejak masa Romawi. Pala disebut-sebut dalam ensiklopedia karya Plinius "Si Tua". Semenjak zaman eksplorasi Eropa pala tersebar luas di daerah tropika seperti Mauritiusdan Karibia (Sumber wikipedia).
Di Tahun 90 pemerintah membagikan tanaman tersebut untuk ditanam warga. Dan ternyata tanaman jenis perdu ini mampu tumbuh dengan baik dikawasan desa baik yang subur ataupun kering. Di Dusun Gebang sebagian telah berbuah, sebagian telah dijual dan sebagian ditanam kembali.
Hal inilah yang mendasari pemerintah desa untuk melanjutkan dalam sebuah model perkebunan.
Tanah kas desa yang sebelumnya berupa tanaman mahoni kini diganti dengan tanaman pala. Dengan harapan akan lebih produktif karena buah pala akan berbuah setiap hari dan tidak mengenal musim.
Warga secara aktif akan dilibatkan pada tahap penanaman dan pemeliharaannya.
Pada tanggal 03 Februari 2019 tahapan penanaman dimulai, diharapkan tumbuh dengan baik pada musim penghujan tahun ini. Diperkiraan setelah 7 tahun mulai berbuah dan hasilnya akan dijadikan salah satu Penghasilan Asli Desa (PAD) dalam rangka mewujudkan kemandirian desa.
Sistem Informasi Desa Kebonharjo #desakebonharjo
Sudah dilihat 221 kali

Komentar