Mulai 1 Desember, KAI Daop VI Ubah Grafik Perjalanan Kereta

30 November 2019, 16:11 WIB
2 0 153
Gambar untuk Mulai 1 Desember, KAI Daop VI Ubah Grafik Perjalanan Kereta
Mulai 1 Desember, KAI Daop VI Ubah Grafik Perjalanan Kereta

Sumber : yogyapos.com

Manajer Humas KAI Daop VI Eko Budiyanto (kanan) bersama Senior Manager KAI Daop VI Gotro Riyadi,saat memberikan keterangan kepada awak media |

Yogyapos.com (YOGYA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) VI, Kamis (28/11) siang melakukan sosialisasi terkait perubahan Gapeka (Grafik Perjalanan Kereta), per 1 Desember. Selain perubahan jadwal, pihak KAI Daop VI juga akan meluncurkan sejumlah KA baru.

Manajer Humas PT KAI Daop VI, Eko Budiyanto mengingatkan kepada para penumpang untuk memperhatikan tiket keberangkatan per 1 Desember mendatang.



“Untuk penumpang mohon memperhatikan tiket keberangkatan, karena ada sejumlah perubahan jadwal. Gapeka ini berdasar keputusan Menhub No.KP 1781 Tahun 2019 tentang penetapan grafik perjalanan kereta api. Tentunya perubahan jadwal ini akan mempengaruhi perjalanan, waktu tempuh, perpanjangan relasi serta hadirnya KA baru,” kata Eko Budiyanto didampingi Gotro Riyadi selaku Senior Manager KAI Daop VI kepada wartawan di Stasiun Tugu.

Gotro Riyadi menambahkan, penetapan Gapeka 2019 ini untuk menggantikan Gapeka 2017. Dan ini yang berubah hanya pada jadwal, tidak ada kenaikan harga tiket. Ada sekitar 20 trip baru dalam Gapeka 2019 ini.

“Ada juga sejulmah KA yang kami offkan operasionalnya. Seperti KA Solo Express, KA Sidomukti dan KA Kalijaga. Perubahan jadwal Gapeka ini didasari banyaknya perkembangan operasi jalur ganda lintas selatan, penambahan stasiun dan pembangunan prasarana,” imbuh Gotro.



Gapeka sendiri adalah pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang menunjukkan suatu diagram monitoring stasiun, waktu, jarak, kecepatan dan posisi perjalanan sebuah kereta api. Mulai dari berangkat, berhenti, kedatangan, bersilang dan penyusulan.

Terkait persiapan menghadapi liburan Natal dan Tahun Baru, pihak KAI Daop VI akan mengefektifkan layanan mulai 19 Desember hingga 5 Januari. Dan ada 5 KA yang mengalami penambahan perjalanan.

Berikut adalah perubahan jadwal sejumlah kereta. KA Senja Utama Solo dari Pasar Senen ke Balapan yang semula berangkat jam 22.00, berubah menjadi KA Fajar Utama Solo yang berangkat pukul 05.50. Lalu ada KA Argo Bromo dari Gambir ke Pasar Turi yang awalnya berangkat jam 09.30 berubah menjadi pukul 08.15. Kemudian KA Kahuripan dari Kiaracondong ke Blitar yang semula berangkat jam 18.10 berubah menjadi 23.15.



Lalu untuk perpanjangan relasi KA antara lain: KA Argo Wilis yang awalnya menempuh rute Surabaya Gubeng-Bandung PP, menjadi Surabaya Gubeng-Bandung-Gambir PP. Ada juga KA Malabar dengan rute awal Malang-Surabaya Gubeng-Bandung PP, berubah menjadi Malang-Surabaya Gubeng-Bandung-Pasar Senen PP.

Sedangkan untuk kehadiran KA baru meliputi: Anjasmoro Exspres dengan rute Jombang-Yogyakarta-Pasar Senen PP. Kemudian ada KA Sancaka Utara yang menempuh rute Pasar Turi-Gambringan-Solo Balapan-Kutarjo PP. Untuk Dharmawangsa Expres dengan rute Surabaya pasar Turi-Pasar Senen PP. Serta, KA Argo Cheribon dengan rute Pemalang-Gambir-Tegal PP. (Dol)

  Komentar untuk Mulai 1 Desember, KAI Daop VI Ubah Grafik Perjalanan Kereta

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Ibu Ratna Memberdayakan Ibu-Ibu Dengan Mengolah Kain Limbah Industri Garmen

    Wiwik Uliel  di  Trucuk, Klaten  |  22 Sep 2020
  2. CleanUp Kerja Bakti

    Pemuda Sosial Pulo Timaha  di  Babelan, Bekasi Kabupaten  |  19 Sep 2020
  3. Berkolaborasi Menggapai Mimpi Kampung Karangwaru Kidul, Tegalrejo

    Abdul Razaq  di  Tegalrejo, Yogyakarta  |  18 Sep 2020
  4. Penyusunan Masterplan Kampung Surokarsan

    mas agus  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  19 Sep 2020

Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar

    WORLDCLEANUPDAY, 19 SEPTEMBER 2020

    Umi sulvian  di  Jonggat, Lombok Tengah  |  19 Sep 2020
  2. 4
    Komentar

    Penyusunan Masterplan Kampung Surokarsan

    mas agus  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  19 Sep 2020
  3. 3
    Komentar

    Ibu Ratna Memberdayakan Ibu-Ibu Dengan Mengolah Kain Limbah Industri Garmen

    Wiwik Uliel  di  Trucuk, Klaten  |  22 Sep 2020
  4. 2
    Komentar