Mondok sambil kuliah? Emang Bisa?

27 May 2019, 15:48 WIB
9 0 221
Gambar untuk Mondok sambil kuliah? Emang Bisa?
Haii guys...
Jadi mahasiswa ternyata ribet yah. Banyak tugas, banyak kegiatan, banyak deadline huuuuhh..Tapi tahu gak sih, meskipun disibukkan dengan berbagai aktifitas tersebut, ada juga loh sebagian orang yang memilih menjadi santri. Artinya kuliah sambil mondok. Wah gimana ngatur waktunya ya? Apa sih motivasinya tetap mondok sambil kuliah, padahal tugas kuliah sudah banyak, apalagi di tambah kegiatan-kegiatan Pondok?

Jadi gini guys, Mondok itu banyak loh manfaatnya, bisa melatih jiwa sosial kamu biar lebih peka, dan lebih mendalami ilmu agama islam lewat kajian-kajian yang ada di Pondok.

Lalu, bagaimana dengan ngatur waktunya? Nah, di Pondok itu juga melatih kamu buat disiplin, sekaligus melatih diri kamu buat bisa melakukan hal-hal yang menjadi tugas dan kewajiban kamu dengan epik.

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika menjadi mahasiswa sekaligus santri, khususnya dalam mengatur waktu dengan baik...

1. Gunakan waktu di campus dengan se-maksimal mungkin.
Kalian pasti punya jadwal kuliah yang gak mungkin full dari pagi sampai sore kan? Nah kamu bisa memanfaatkan waktu senggang di kampus buat ngerjain tugas-tugas yang sudah diterima. So, saat deadline nanti kalian gak bakal gopoh hehe

2. Manfaatkan waktu di Pondok dengan baik,
Tugas kuliah sudah selesai sebelum deadline, lalu apalagi yang perlu dipikirkan nih?
Di Pondok tinggal ngaji, menghafal dan nikmati kegiatan pondok.
Miisal nih untuk menghafal, saya biasanya memanfaatkan waktu Ba'da Shubuh. Ini adalah waktu yang paling baik buat menghafal Qur'an, Karena otak kita masih fresh. Kemudian Ba'da Maghrib kita mengikuti kajian kitab dengan mendengarkan penjelasan dari Ustadz atau Ustadzah.

3. Sesuaikan jadwal setoran hafalan dengan jadwal kuliah.
Biasanya, jadwal setoran di Pondok itu saat pagi, sore dan malam hari. Nah misalnya jadwal kuliah kamu pagi hari, maka kamu bisa setoran hafalan pada sore atau malam hari. Begitu juga jika kalian ada jadwal kuliah sore atau malem, kalian bisa mengambil jadwal setoran dimana kalian memiliki waktu luang.

Nah itu beberapa tips yang bisa saya share versi saya. Jangan khawatir dalam membagi waktu antara kuliah dan mondok, karena Ustadzah kusering bilang nih ke Santrinya "Ala Bisa Karena Biasa." Waktu yang akan membentuk karakter dan cara berfikirmu, pasti auto bisa dan selesai kok tugas nya. Selain management waktu mu yang bagus, Pondok Pesantren itu tempatnya segudang barokah loh, kamu bisa lakukan hal-hal kecil yang bahkan kamu sendiri tidak tau kalo ternyata hal kecil itu bisa jadi berkah buat mu.

Jadi, kalau ada pertanyaan " Emang bisa mondok sambil kuliah? ", jawabannya " BISA BANGET !! "

Soo.. Ayo Mondok !!!

Penulis : @Khusniiaa_ (Mahasiswa UIN Malang dan Santri Oemah Qur'an)

  Komentar untuk Mondok sambil kuliah? Emang Bisa?

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!