Methode Belajar Rotating Teamwork

38056 medium a1e66044 2c33 4eaa a720 5abbb9bdc774 38057 medium 6385b613 2210 4160 bba8 ed426030c7a5
*Rotating Teamwork*

Dasar pemikiran

1. Kita sudah sangat banyak diperintah untuk bersaing. Hidup bagai balapan. Dan lupa bahwa kerjasama dan tolong menolong adalah keahlian super penting yang juga harus diajarkan.

2. Di sekolah, kita selalu dituntut untuk bersaing. Meninggalkan orang lain.

3. Bahkan saat kegiatan kelompok, kita pun dituntut untuk 'mengalahkan' kelompok lain.

4. Ada lelucon, mengapa kita orang Indonesia sulit move on? Karena sejak kecil kita diajarkan menghapal, bukan melupakan. Hahaha. Tapi, anggaplah guyonan itu benar, maka, mengapa kita menjadi pribadi yang bersaing dan tak segan saling menjatuhkan? Karena sejak kecil kita diajarkan untuk hidup dalam persaingan.

5. Jadi, adakah suatu kegiatan belajar yang menempatkan kerjasama dan tolong menolong di tempat pertama tanpa meninggalkan proses belajar dan mendapatkan ilmu?

6. Ada. Mari kita berkenalan dengan Rotating Teamwork. Suatu cara belajar yang saya ciptakan. Bwahaha. Saya tidak tahu apakah metode ini sudah ada sebelumnya, tapi yang saya uraikan ini adalah hasil pemikiran saya sendiri. Ehm, saya tidak keberatan mendapat gelar profesor untuk penemuan ini. Bwahaha.

Cara Kerja Rotating Teamwork

1. Siapkan materi pelajaran yang sudah dipahami dengan baik oleh sejumlah siswa (high achiever students). Jika anda ingin membentuk empat kelompok, maka minimal harus ada empat siswa yang Anda yakin sudah menguasai dengan baik.

2. Anggaplah Anda punya empat orang siswa unggul, A, B, C & D, maka Anda menunjuk mereka sebagai ketua kelompok.

3. Buatlah kertas undian dan siswa yang lain mengambil undian tersebut untuk penempatan sebagai anggota kelompok A, B, C atau D.

4. Berikan soal yang sama kepada masing-masing kelompok dan persilakan mereka untuk mulai mengerjakan soal tersebut.

5. Setelah berjalan waktu lima menit, semua anggota kelompok berpindah menjadi anggota kelompok yang lain sesuai arah perputaran jarum jam. Yang tadinya anggota kelompok A, sekarang pindah menjadi anggota kelompok B.

6. Perputaran terus dilakukan setiap lima menit dan berakhir saat para anggota kelompok kembali ke kelompok asal.

7. Selama proses, doronglah setiap siswa untuk bekerja sama dan merasa memiliki pada setiap kelompok baru yang mereka dapatkan.

8. Setelah selesai, maka kita memasuki tahap refleksi. Yaitu menanyakan kepada setiap siswa pendapat mereka tentang kegiatan tadi. Apa perbedaan yang mereka rasakan dibandingkan model kegiatan lainnya. Apakah mereka bisa mendapat lebih banyak pengetahuan dengan cara ini? Apakah mereka saling berbagi? Dll. Anda bisa menanyakan pendapat para ketua kelompok terlebih dahulu sebagai penghargaan, kemudian dilanjutkan pendapat para anggota.

9. Terakhir, barulah kegiatan koreksi. Bisa dengan masing-masing kelompok presentasi. Atau jika waktu tidak cukup, langsung dipandu oleh guru.

10. Ingat, tujuan utama kita adalah mengajarkan kerja sama, karena itu refleksi didahulukan daripada koreksi.

Catatan Tambahan

Dalam kegiatan Rotating Teamwork, tanpa disadari oleh siswa, kita telah membuat siswa yang kurang untuk belajar pada siswa dengan kemampuan lebih. Kita juga memberikan kesempatan pada siswa dengan kemampuan lebih untuk membantu temannya memahami materi.

Mereka didorong untuk saling membantu tanpa mengurangi semangat mengerjakan tugas. Karena ada batasan waktu (lima menitan dalam empat putaran), setiap siswa tetap bekerja dengan antusias.
***

Nah, itulah metode belajar Rotating Teamwork dari saya, silakan meninggalkan komentar dan jika nanti Anda mempraktikkan metode ini, jangan segan untuk berbagi cerita ya. Terima kasih #arulight #arulearn

Sumber :
https://www.facebook.com/1277724028/posts/10212689854542749/
Sudah dilihat 108 kali

Komentar