Merawat dan Memasyarakatkan Kesenian Islam Lewat Festival Marawis Kota Bogor

62288 medium img 20190526 wa0007
Oleh : Husnul Khatimah

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM--Guna merawat dan memasyarakatkan salah satu kesenian islam yakni marawis, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemerintah Kota Bogor gelar Festival Marawis di Bogor Trade Mall, 25-26 Mei 2019.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Bogor, Sahlan Rasyidi mengatakan, Festival Marawis ini dikonsep dalam bentuk lomba antarkelurahan se-Kota Bogor dan tahun ini merupakan tahun kelima penyelenggaraan.

"Ini juga merupakan bagian dalam rangka memperingati hari jadi Bogor yang ke-537, tujuan utamanya untuk memasyarakatkan seni marawis di kalangan masyarakat," ujar Sahlan disela kegiatan.

Dia mengatakan berbeda dengan tahun sebelumnya penyelenggaraan tahun ini dikhususkan untuk pelajar sedangkan tahun lalu terbuka untuk umum. Hal ini karena pihaknya menginginkan generasi muda sebagai penerus lebih mendalami marawis.

"Tahun ini pesertanya SD dan SMP kalau dulu umum, ini supaya anak muda kita memahami dan mendalami kesenian marawis yang kita tahu adalah seni islami yang harus kita lestarikan dan kita rawat agar terus dapat dinikmati oleh masyarakat Kota Bogor," katanya.

Sahlan mengatakan, sesungguhnya Kota Hujan memiliki banyak grup marawis di berbagai kelurahan. Namun, karena acara ini bersifat lomba, hanya 40 dari 68 kelurahan di Kota Bogor yang bisa ikut serta.

"Harapan kita semua kelurahan ikut tetapi hanya 40 yang ikut, ya mudah-mudahan ke depan semua kelurahan ikut tapi yang 40 ini sudah lebih baik, kita apresiasi, mengalami peningkatan dari tahun sebelum- sebelumnya," katanya.

Kegiatan ini juga diharapkan menjadi evaluasi bagi grup marawis kelurahan. Pada tahun 2014, Pemkot Bogor sendiri memberikan bantuan alat-alat marawis untuk memicu mereka agar terus berkembang. Menurut Sahlan jika terus berkembang, kesenian ini nantinya akan memiliki nilai jual dan memberikan nilai ekonomi yang bermanfaat bagi para pelakunya.

Sudah dilihat 50 kali

Komentar