Menu Sahur Rendah Kalori dan Kaya Energi

25967 medium post 35199 2a090cc0 5c43 4e6d b8fa 34abdf45825f 2018 05 26t04 37 30.271 07 00
Nah, bagi anda yang ingin tetap berenergi sepanjang hari sekaligus ingin menjaga berat badan, pilih makanan sahur yang kaya energi yang rendah kalori. Berikut menu makanan rendah kalori yang bisa anda konsumsi saat sahur.

Sayur
Beberapa sayuran hijau seperti brokoli, asparagus, dan bayam adalah pilihan yang tepat untuk sahur. Kandungan yang terdapat dalam sayuran ini mengandung serat tinggi dan rendah kalori. Sayuran-sayuran ini bisa diolah sesuai selera untuk dihidangkan sebagai menu sahur, seperti sup.

Selain untuk sahur, sup juga cocok dihidangkan saat berbuka puasa. Kandungan berbagai sayuran yang ada di dalam sup selain membuat anda kenyang lebih lama, juga mampu mengembalikan energi anda yang hilang setelah beraktivitas selama seharian berpuasa. Ini karena kuah sup dapat mencegah dehidrasi dan mengganti cairan tubuh yang hilang.

Telur
Telur adalah makanan yang kaya protein. Sebuah penelitian yang dilakukan Pusat Penelitian Pennington Biomedical di Los Angeles menemukan bahwa telur memiliki tingkat protein yang tinggi dan dapat membuat anda untuk merasa kenyang lebih lama. Tetapi, hindari mengolahnya dengan cara digoreng, karena telur goreng dan berminyak dapat memicu kantuk, terutama saat anda sedang berpuasa. Anda bisa mengolahnya dengan cara lain seperti dikukus atau direbus.

Oatmeal
Oatmeal adalah sumber terbaik dari serat dan fitokimia untuk jantung agar selalu sehat. Selain itu, oatmeal juga mengandung karbohidrat kompleks yang memberikan energi bagi tubuh dan otak setelah beraktivitas seharian. Saat sedang berpuasa, oatmeal sangat bermanfaat untuk membantu anda merasa kenyang lebih lama. Bagi anda yang tidak suka makanan yang hambar, jangan khawatir. Anda bisa menambahkan susu, kacang almond atau buah-buahan segar ke dalam oatmeal sehingga membuat anda bersemangat saat memakannya.

Buah Apel
Buah-buahan adalah menu yang baik saat sedang berpuasa. Hal ini dikarenakan buah-buahan mengandung elektrolit yang dapat membuat tubuh menjadi lebih segar saat sedang beraktivitas seharian. Buah apel, selain mengandung vitamin A, B dan C, juga berfungsi mencegah gangguan mulut seperti sariawan. Kandungan serat dan air yang terkandung di dalam buah apel juga bisa membantu anda merasa lebih kenyang lebih lama.

Untuk memperoleh manfaat maksimal, anda juga disarankan untuk memakan apel beserta kulitnya (pastinya setelah mencucinya terlebih dahulu). Ini dapat  membantu anda melawan kolesterol jahat yang terdapat di dalam tubuh dan menyehatkan jantung.

sumber : beres.id
Sudah dilihat 78 kali

Komentar