Mengubah Perilaku Peduli Lingkungan adalah Solusi Permanen dalam Pencegahan Banjir

2 0 157
Gambar untuk Mengubah Perilaku Peduli Lingkungan adalah Solusi Permanen dalam Pencegahan Banjir
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo menyerahkan bantuan dana siap pakai (DSP) 500 juta untuk penanganan banjir di Kabupaten Solok Selatan (Solsel). Bantuan DSP tersebut diserahkan langsung kepada Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria di Masjid Raya Alam Surambi Sungai Pagu usai pelaksanaan salat Jumat (13/12).

Sebelum bantuan diserahkan, Doni berkesempatan meninjau dampak banjir di Solsel. Kemudian selepas shalat Jumat, Doni memberikan ceramah kepada Masyarakat Solsel. Dalam ceramahnya tersebut, Doni ingin masyarakat Solsel mengubah perilaku karena menurutnya perilaku yang peduli terhadap lingkungan adalah solusi permanen dalam pencegahan banjir yang terus berulang setiap tahunnya.

Menurut Doni, "Kesuksesan merubah perilaku ini harus didukung oleh tiga tungku sajarangan yaitu ninik mamak, cadiak pandai dan ulama. "Seperti kita kita ketahui orang Minangkabau memiliki filosofi Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK) artinya adalah sudah sejak lama orang Minang diingatkan untuk tidak merusak alam sesuai dengan perintah alquran", ucapnya.

Doni juga menjelaskan Orang Minang bukanlah masyarakat yang ahli dalam bidang pertambangan. Orang Minang lebih dikenal sebagai pedagang, urusan pertambangan harus diserahkan kepada orang yang ahli dibidangnya. Dan adanya perubahan vegetasi seperti penebangan pohon serta penanaman sayur dikemiringan lebih dari 30 derajat hal ini dapat mengakibatkan longsor dan banjir.

Diakhir ceramah Doni mengatakan bahwa bencana adalah urusan bersama oleh sebab itu dalam penanganan banjir ini BNPB akan bekerja sama dengan empat Kementerian diantaranya, PUPR, Pertanian, LHK, BPN, dan Dinas-dinas terkait di Provinsi Sumbar.

Sumber: Humas BNPB

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Pray For Indonesia Januari 2021

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Klaten Utara, Klaten  |  17 Jan 2021
  2. Pray For Indonesia From Tangerang

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Cisauk, Tangerang Kabupaten  |  19 Jan 2021

Komentar Terbanyak

  1. 2
    Komentar

    Pembukaan Beasiswa Banyuwangi Cerdas 2021

    Wisnu Artedjo  di  Banyuwangi  |  21 Jan 2021
  2. 2
    Komentar
  3. 2
    Komentar

    Terpilihnya Dhiyaur Ridho, Begini Harapan dan pendapat teman-teman IKAMALA Sidoarjo

    Zuria Qurrotul Aini  di  Brondong, Lamongan  |  21 Jan 2021
  4. 1
    Komentar

    Pengungsi Banjir Kota Pekalongan Telah Kembali Ke Rumah Masing-Masing

    Siswoyo R  di  Pekalongan Kota  |  21 Jan 2021