Mengenalkan Pendidikan Seks Kepada Anak

28146 medium post 37289 0d087b0a c40b 4f27 a31a 86830f23fd5d 2018 07 14t13 25 47.210 07 00
Assalamualaikum, selamat siang Atmaguys, balik lagi nih. Beberapa waktu lalu saya sudah menjelaskan tentang pentingnya sex education atau pendidikan sex, kan? Nah kali ini, saya akan mengajak Atmaguys sekalian untuk membaca cara mengenalkan pendidikan sex kepada anak usia dini.

Zaman terus berubah, semakin hari teknologi semakin canggih, dan seperti tidak ada batas antar negara, waktupun seperti cepat berlalu, apalagi bagi orang tua yang pergi pagi pulang malam. Semua itu dilakukan untuk kehidupan yang lebih baik, namun ada hal yang harus diwaspadai oleh orang tua saat ini, yang mungkin tidak terjadi atau jarang terjadi ketika para orang tua itu masih remaja, ya karena saat  ini jaman sudah berubah.

Ketika teknologi sudah mengambil alih peran orang tua, ketika gadget sudah masuk ke kamar tidur anak, maka tidak ada yang tidak bisa di akses, maka tidak heran jika seorang anak yang pendiam, jarang keluar rumah, tiba tiba hamil diluar nikah. Setidaknya hal ini cukup banyak terjadi di sekitar saya. Aneh bukan, hal yang sangat sulit terjadi dimasa lalu, namun hal ini sering terjadi di sekitar kita, sepertinya seks sudah bukan menjadi hal yang tabu saat ini.

Juga dengan maraknya kasus kekerasan terhadap anak dibawah umur menyebabkan kekhawatiran bagi orang tua. Pasalnya, kekerasan seksual terjadi hampir setiap waktu dan dekat dengan kita. Pelakunya pun tidak mesti orang asing, namun seringkali adalah orang terdekat disekitar anak.

Oleh karena nya, anak harus di perhatikan secara serius, dibatasi gadgetnya, dan diberikan pendidikan mengenai seks semenjak dini, hal ini dilakukan menurut saya agar anak menyadari apa dan bagaimana seks itu, apa resiko nya, apa bahaya nya, sehingga anak bisa menjaga dirinya.


Ada beberapa hal mengenai Pentingnya Pendidikan Seks bagi Anak dan Remaja, diantaranya yaitu:

• Untuk mengetahui informasi seksual bagi anak dan remaja

• Memiliki kesadaran akan pentingnya memahami masalah seksualitas

• Memiliki kesadaran akan fungsi-fungsi seksualnya

• Memahami masalah-masalah seksualitas anak dan remaja

• Memahami faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya masalah-masalah seksualitas

Untuk itu, berikut beberapa cara mengenalkan pendidikan seks dini kepada anak, yaitu :

1. Kenalkan bagian tubuh yang tidak boleh dilihat dan disentuh orang lain.

Kenalkan anak bagian-bagian tubuh dan fungsinya, kemudian berikan penjelasan ada bagian tubuh tertentu yang tidak boleh dilihat dan disentuh orang lain. Bagian tubuh tersebut antara lain dada, bibir, organ reproduksi dan pantat.

2. Ajarkan konsep perbedaan jenis kelamin kepada anak.

Orang tua perlu mengajarkan anak tentang perbedaan jenis kelamin antara perempuan dan laki-laki. Memberikan contoh bahwa laki-laki nantinya akan seperti ayah dan perempuan seperti ibu. Konsep perbedaan jenis kelamin ini juga berfungsi untuk mengajarkan anak menggunakan toilet dan pakaian sesuai dengan jenis kelaminnya.

3. Tanamkan budaya malu kepada anak.

Penting bagi orang tua mengajarkan rasa malu kepada anak agar anak dapat menghargai dirinya sendiri. Mengajarkan batasan-batasan dalam bermain dengan lawan jenis. Memberi arahan untuk tidak melepas dan mengganti pakaian di tempat umum.

4. Membatasi aktivitas menonton pada anak.

Disamping dampak negatif yang muncul dari kebiasaan menonton televisi terlalu lama, tayangan yang dipertontonkan kepada anak juga tidak semuanya bernilai pendidikan. Banyaknya tayangan yang  menampilkan adegan-adegan yang belum pantas dilihat oleh anak. Hal ini akan mengakibatkan anak meniru adegan dalam tayangan tersebut karena sifat alamiah dari anak adalah meniru apa yang mereka lihat. Lebih baik bermain bersama anak daripada membiarkan anak menonton televisi.

5. Jauhkan gadget dari anak!

Dewasa ini banyak orang tua dengan bangga memberikan gadget kepada anak. Sebagian oang tua bahkan memberikan akses penuh gadget kepada anak dengan dalih agar anak dapat belajar atau agar anak tidak menganggu pekerjaan orang tua. Namun, hal tersebut bukanlah langkah yang tepat bagi orang tua. Anak dibiarkan mendownload games tanpa pengawasan orang tua. Padahal banyaknya konten yang tersembunyi dari games tersebut. Banyaknya unsur pornografi dan perilaku yang kurang pantas dilihat oleh anak ada di dalamnya.

6. Tumbuhkan rasa percaya anak kepada orang tua.

Tumbuhkan rasa percaya anak kepada orang tua. Ajarkan anak untuk tidak menyembunyikan apapun dari orang tua apabila ada perlakuan yang tidak pantas yang diterima atau yang terlihat oleh anak meskipun anak mendapatkan ancaman dari si pelaku.

7. Bicarakan seks kepada anak dengan mengajak diskusi sederhana.

Pendidikan seks dapat ditanamkan orang tua dengan mengajak anak berdiskusi sederhana dan menyenangkan. Menjawab pertanyaan anak dengan lemah lembut. Menjelaskan fakta-fakta yang terjadi dilapangan dengan bahasa yang tidak vulgar dan tidak terkesan menakut-nakuti anak.

Orang tua juga harus banyak mempelajari hal-hal terkait tentang pendidikan seks terhadap anak. Karena, semakin berkembangnya zaman pemikiran anak akan semakin bertambah dan anak akan semakin kritis mempertanyakan hal-hal yang tidak dimengerti olehnya. Penting bagi orang tua untuk banyak membaca atau mengikuti forum diskusi seputar pendidikan seks untuk anak usia dini dari pakar yang berkompeten dibidangnya.



Sumber :

https://www.idntimes.com/life/family/mely-rovina-farizal/cara-mengenalkan-sex-education-pendidikan-seks-kepada-anak-c1c2/full


https://www.kompasiana.com/agustinsetio/583aff504f9773c1047d43b1/mengapa-pendidikan-seks-penting-untuk-anak-dan-remaja
Sudah dilihat 38 kali

Komentar