Mengenal Penulis Khat Al-Qur'an Mushaf Madinah, Syekh Utsman Thaha

24 May 2019, 05:25 WIB
3 0 280
Gambar untuk Mengenal Penulis Khat Al-Qur'an Mushaf Madinah, Syekh Utsman Thaha
Mushaf Madinah adalah mushaf Al-Qur'an yang banyak dibaca oleh umat Muslim di dunia. Mungkin kita termasuk salah satunya. Banyak otang mengira tulisan ini hasil komputer, tetapi ternyata ini benar-benar ditulis tangan!

Mushaf Madinah yang diterbitkan oleh Kompleks Raja Fahd untuk Pencetakan Al-Qur'an ditulis oleh Syekh Ustman Thaha. Beliau dilahirkan pada tahun 1934 di daerah pedesaan Aleppo, Suriah.

Masya Allah semoga Allah memberkahi Syekh Utsman Thaha. Ada proses manarik dan menjadi ibrah dalam penyusunan dan penulisan Al-Qur'an oleh beliau. Beliau terinspirasi dari mushaf di Turki yang satu halaman pasti berakhir di ayat tidak bersambung ke halaman berikutnya, kalau kita menyebutnya Quran pojok. Beliau banyak melakukan percobaan sehingga menghasilkan tulisan mushaf Madinah seperti sekarang ini.

Tradisi berinovasi juga merambah ke penerbit Al-Qur'an di Indonesia, seperti yang kita lihat ada Al-Qur'an Tajwid Warna, mushaf dengan tafsir dan asbabun nuzul, Al-Qur'an perkata. Namun, sayangnya beberapa tahun lalu tradisi ini sempat diproteksi oleh beberapa penerbit (memang wajar mungkin karena mereka sudah melakukan penelitian dan mengeluarkan biaya). Ada beberapa penerbit Al-Qur'an yang mempatenkan warna tajwid dan style lainnya. Mungkin kalau ornamen tidak masalah. Dengan demikian, penerbit lain tidak bisa memakai warna tajwid yang sama.

Namun, alhamdulillah permasalahan paten warna tajwid itu sudah teratasi dengan terbitnya dan standarisasi warna tajwid oleh Lajnah Pentahsish Kemenag. Semua penerbit Al-Qur'an di Indonesia harus mengikuti panduan warna yang ada.

Beridznillah berkat Syekh Ustman Thaha kita bisa menikmati membaca Al-Qur'an dengan lebih jelas. Beberapa waktu lalu, Forum Pelayan Al-Qur'an salah satu penerbitan mushaf Al-Qur'an bertemu langsung dengan beliau. Pertemuan ini tidak disia-siakan, penerbit itu lalu meminta tahsih/permohonan ijin untuk menggunakan khat beliau dalam mushaf terbitannya.

  Komentar untuk Mengenal Penulis Khat Al-Qur'an Mushaf Madinah, Syekh Utsman Thaha

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!