Mengenal Lebih Dekat Teater Lentera SMPN 3 Kopang

40660 medium inshot 20181124 220925400
Kegiatan Ekstrakurikuler merupakan aktivitas siswa diluar jam belajar, yang bertujuan agar siswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik. Salah satu kegiatan Ekstrakurikuler yang sedang giat aktif di SMPN 3 Kopang adalah Teater. Penulis akan membawa para pembaca untuk mengenal lebih dekat dengan sanggar Teater "Lentera".
Dinamakan lentera karena penggagas memaknainya sebagai cahaya penerang yang menerangi jalan para pencari pengetahuan menuju tujuan dan cita-cita. Teater ini berdiri pada bulan Juni tahun 2011, di prakarsai oleh Hery,SE, M.Pd, Fauzan,S.Pd dan Mohammad Junaidi. Berawal dari kebutuhan akan sebuah pertunjukan pada acara-acara yang penting seperti perpisahan, HUT RI, hari Pendidikan, hari Guru, dan hari besar lainnya. Para founder sanggar Teater ini memiliki keinginan agar potensi siswa dapat tersalur melalui beragam aktivitas positif yg dapat menstimulan munculnya keunggulan-keunggulan dari setiap karakter mereka. Disamping itu juga memiliki korelasi dengan pembinaan yg dilakukan melalui kegiatan lain seperti OSiS, Pramuka, Karate dan Paskibra, sehingga bisa saling mengisi dan mendorong terbangunnya jiwa Nasionalisme, Patriotisme, dan kemandirian para penggiat kegiatan ini.
Dalam perkembangannya hingga saat ini pementasan Teater Lentera SMPN 3 Kopang ini diprioritaskan di sekolah. Karena jika pementasan di luar tergantung undangan, seperti sudah beberapa kali mengisi acara di tingkat Kecamatan Kopang bahkan sudah pernah mengisi acara pada HUT Lombok Tengah pada tahun 2017. Yang terbaru dari kiprah sanggar Lentera ini adalah akan ikut memeriahkan acara Hari Guru Nasional Kabupaten Lombok Tengah tahun 2018 yang akan di pusatkan di Kecamatan Janapria.
Teater Lentera ini dalam pementasannya terinspirasi oleh konsep teater keliling Rudolf Puspa dan Teater Koma.
Setiap isi dari naskah yg dibuat ditujukan sebagai kritik terhadap pemerintah, dunia pendidikan, dan hubungan sosial. masyarakat,sehingga tidak heran jika setiap kemunculan Teater ini sangat selalu dinantikan.
Hasil wawancara penulis dengan salah satu founder Teater ini yaitu bapak Hery di sela-sela kesibukannya dalam mempersiapkan pertunjukan dalam rangka HGN 2018, bahwa yang terpenting di dalamnya adalah anak-anak tidak hanya belajar tentang sebuah pertunjukan dan menjadi aktor/aktrisnya, tetapi mereka belajar tentang cara menghargai, tenggang rasa, saling membantu dan skill sosial, serta menumbuhkan kepribadian yang mandiri, berani dan kritis dengan kondisi lingkungan sekitar.
Harapan kita bersama bahwa agar Teater "Lentera" SMPN 3 Kopang ini dapat selalu berkarya dengan isi ceritanya yang menginspirasi siapapun penontonnya, selain itu diharapkan pula dapat melahirkan "aktor-aktor" yang memiliki pemikiran kritis dalam kehidupan nyata.
Sudah dilihat 121 kali

Komentar