Mengenal Lebih Dekat Kanker Payudara Stadium 1

29140 medium post 38226 8e666084 404b 438f ae7e 005e3fa275de 2018 07 30t20 37 02.780 07 00 29141 medium post 38226 ccfc5d10 6d08 4827 aab6 f953801f6e32 2018 07 30t20 37 03.146 07 00
Assalamualaikum Atmagirls, hmm malam ini kita bahas sebuah penyakit yang cukup menakutkan bukan hanya untuk para wanita, tapi jg bisa terjadi pada pria. Apa tuh? Yap, kalau kalian mengira kanker payudara berarti kalian benar. Lalu sudah tau bagaimana mendeteksi kanker payudara? Simak ulasan dibawah ini ya!

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang cukup menakutkan bagi seorang wanita, setelah kanker serviks. Sel kanker akan tumbuh dan menyerang jaringan payudara Anda, misalnya saluran keluar air susu, lobulus (pabrik penghasil air susu), bersama jaringan penunjang lainnya seperti jaringan lemak. Gaya hidup, hormonal, dan faktor lingkungan memang dicurigai sebagai penyebab dari kanker ini. Namun, tidak semua orang dengan gaya hidup yang hampir sama juga memiliki risiko untuk terkena kanker payudara. Sehingga masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Meski begitu, ada beberapa faktor risiko yang memungkinkan Anda terkena kanker payudara. Misalnya saja jika Anda berusia 50 tahun atau lebih, jika Anda memiliki keluarga dekat atau bahkan ibu yang terkena kanker ovarium atau kanker payudara, pernah muncul benjolan jinak pada payudara atau pernah didiagnosa terkena kanker payudara. Seharusnya, kanker payudara bukan penyakit warisan. Namun, ada gen tertentu, yang disebut BRCA1 dan BRCA2, yang meningkatkan risiko seseorang terkena kanker payudara. Gen ini diduga dapat diturunkan kepada generasi penerus.

Ciri-Ciri Kanker Payudara yang Perlu Anda Kenali

Memiliki risiko atau tidak, tentu tidak ada salahnya untuk mengenali ciri-ciri kanker payudara. Terutama kanker payudara stadium 1. Agar jika sel kanker tersebut tumbuh, Anda tidak terlambat untuk mengobatinya. Berikut ini adalah ciri-ciri kanker payudara stadium 1 yang perlu Anda ketahui.

Ciri-ciri kanker payudara yang paling khas adalah munculnya benjolan di payudara. Benjolan ciri-ciri kanker payudara memiliki tekstur yang keras dengan batas yang tidak jelas dan permukaannya yang tidak rata.

Benjolan juga terus menetap 8 hingga 10 hari usai menstruasi. Bila benjolan ciri-ciri kanker payudara dekat dengan puting susu, akan terlihat bahwa puting susu tertarik ke dalam dan agak susah digerakkan (lengket).

Selain munculnya benjolan, tanda dan ciri-ciri kanker payudara yang dapat Anda kenali lainnya adalah:

1. Perubahan ukuran, bentuk, atau tampilan dari payudara.

2. Perubahan bentuk pada puting payudara.

3. Rasa sakit pada payudara yang tak kunjung hilang, bahkan ketika Atmagirls sudah masuk ke masa haid bulan berikutnya. Meski begitu, beberapa wanita juga ada yang tidak mengalami rasa sakit atau nyeri di payudaranya.

4. Puting mengeluarkan cairan bening, berwarna cokelat, atau kuning.

5. Puting tiba-tiba memerah dan bengkak tanpa diketahui penyebabnya.

6. Bengkak di sekitar ketiak yang disebabkan karena pembesaran kelenjar getah bening di daerah tersebut.

7. Pembuluh vena terlihat pada payudara, akibatnya urat-urat di bagian payudara terlihat dengan jelas.

Pada stadium lanjut mulai tampak adanya kelainan pada kulit payudara (seperti kulit jeruk atau kulit menjadi kemerahan), terkadang kulit juga jadi mencekung seperti lesung pipi karena tertarik oleh benjolan.

Guna mengenali ciri-ciri kanker payudara stadium 1 di atas, cobalah untuk rajin melakukan SADARI atau Pemeriksaan Payudara Sendiri setiap bulan. Rajin melakukan SADARI juga dapat membantu Atmagirls mengenali tekstur jaringan payudara kamu. Sehingga jika Atmagirls merasakan ada sesuatu yang tidak biasa pada payudara (bukan perubahan tekstur payudara pada saat Pra menstruasi), kamu akan lebih menyadarinya. SADARI dapat dilakukan pada saat mandi, tiduran ataupun saat anda bercermin dengan cara mengecek dan memperhatikan ciri payudara Atmagirls.

Kanker payudara tidak kalah mematikannya dengan kanker serviks. Meski penyebab dari kanker ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut, tidak ada salahnya untuk lebih waspada terhadap penyakit ini. Kalian tetap disarankan menjaga pola makan dan menjalani hidup sehat. Rajinlah melakukan SADARI. Dan jika Atmagirls merasa berpotensi terkena kanker karena ibu atau kerabat kamu mengidap kanker, dan kamu merasa sangat khawatir, cobalah untuk mengonsultasikan hal ini kepada dokter.

Sumber :
https://www.alodokter.com/wanita-kenali-ciri-ciri-kanker-payudara-stadium-1-sebelum-terlambat

https://id.parkwaycancercentre.com/informasi-kanker/jenis-kanker/apa-itu-kanker-payudara/

https://hellosehat.com/penyakit/kanker-payudara/

https://harvestsupplement.com/waspada-gejala-kanker-payudara-dini/amp/
Sudah dilihat 310 kali

Komentar