Mengenal lebih dekat Gapura

30144 medium img 20180812 wa0003
Warga Rt 002/006 Mustikajaya Bekasi sambut 17 Agustus dengan pemasangan Gapura pahlawan di Gang masuk Jl Al Hikmah. Gapura tersebut sengaja dibuat berwarna merah disertai gambar pahlawan dan tanggal kemerdekaan RI. Gapura yang dibuat dari triplek kemudian disanggah balok kayu serta di warnai dan diberi tulisan tak lupa pula gambar pahlawan adalah hasil kreativitas warga di Rt ini. Pak Nasrul sebagian dari pemuda yang ikut memasang gapura tersebut membenarkan, jika gapura itu di pasang untuk mengenang jasa pahlawan, mengingatkan tentang berapa tahun Indonesia merdeka sekaligus sebagai menyambut 17 Agustus.
"gapura ini kami buat untuk mengenang para pahlawan yang dulu berjuang, dan mengingatkan sudah berapa tahun kita merdeka sekaligus menyambut 17 Agustus yang tinggal menghitung hari saja" ucapnya.
Melirik sejarahnya, nama Gapura Bajang Ratu atau juga dikenal dengan nama Candi Bajang Ratu adalah sebuah gapura / candi peninggalan Majapahit yang berada di Desa Temon, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia.Gapura ini di gadang-gadang sebagai Gapura yang pertama kali ada di tanah air. Bangunan ini diperkirakan dibangun pada abad ke-14 dan adalah salah satu gapura besar pada zaman keemasan Majapahit. Menurut catatan Badan Pelestarian Peninggalan Purbakala Mojokerto, candi / gapura ini berfungsi sebagai pintu masuk bagi bangunan suci untuk memperingati wafatnya Raja Jayanegara yang dalam Negarakertagama disebut "kembali ke dunia Wisnu" tahun 1250 Saka (sekitar tahun 1328 M). Namun sebenarnya sebelum wafatnya Jayanegara candi ini dipergunakan sebagai pintu belakang kerajaan.(wikipedia)
Banyak masyarakat membuat beragam jenis Gapur dalam kegiatan dan tujuan-tujuan tertentu, salah satunya di Rt 002/006 ini.

Untuk lebih jelas terkait Gapura Bajang Ratu, silahkan klik link dibawah ini:
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Gapura_Bajang_Ratu
Sudah dilihat 20 kali

Komentar