Mengenal Fakta Seputar TBC

50301 medium mengenal fakta seputar tbc
Tuberkulosis atau TBC di Indonesia adalah salah satu jenis penyakit infeksi yang menyerang banyak orang, bahkan sering kali berakhir dengan kematian. Lalu, apa itu TBC? Tuberkulosis atau TBC adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis yang merusak jaringan tubuh manusia dan biasanya menyerang paru-paru.

Di Indonesia, TBC adalah penyakit infeksi yang paling banyak berakhir dengan kematian dan menjadi nomor 1. Selain itu, perlu diketahui kuman TBC dapat bertahan dalam udara bebas selama 1-2 jam. Bahkan, setiap detik satu orang terinfeksi penyakit TBC dan membutuhkan layanan pengobatan selama 6 bulan.

TBC lebih banyak terjadi pada laki-laki (60%) daripada perempuan (40%). Proporsi kasus tuberkulosis terbanyak tahun 2016 ditemukan pada kelompok usia produktif (25-34 tahun) yaitu sebesar 18,07%, diikuti kelompok umur 45-54 tahun sebesar 17,25 persen.

Terakhir, saat telah terinfeksi TBC penderita mendapatkan pengobatan selama 6 bulan secara rutin. Tidak hanya itu, berdasarkan data dari WHO, Indonesia juga menjadi negara kedua penderita TBC terbanyak di dunia.

Sumber: IndonesiaBaik (Kemenkominfo RI)
Sudah dilihat 127 kali

Komentar