Mau Trip Ke Gunung Batu Harus Tahu Dulu Faktanya

69507 medium img 20190810 185921
Mau Trip Ke Gunung Batu..??
Simak Dulu Beberapa Faktanya.



BOTIM — Gunung ini termasuk mungil, dengan tinggi hanya sekitar 875 meter di atas permukaan laut (mdpl). Walau mungil, Gunung Batu memiliki tantangan pendakian tersendiri.

Ingin mendaki Gunung Batu Jonggol di akhir pekan ini? Simak dulu faktanya :

1. Tidak terletak di Jonggol

Walau dikenal oleh banyak orang dengan nama Gunung Batu Jonggol, gunung ini sebenarnya tidak terletak di kecamatan Jonggol. Gunung ini secara administratif masuk ke dalam kecamatan Sukamakmur.

Kesalahan penamaan ini dikarenakan banyak orang yang belum mengetahui bahwa Sukamakmur saat ini telah menjadi kecamatan, yang merupakan pemekaran dari kecamatan Jonggol.

2. Jalur pendakian yang terjal

Walau tingginya tidak seberapa, gunung ini terkenal menantang karena jalur pendakiannya yang terjal dan menanjak. Semakin mendekati puncak, jalur pendakian juga semakin ekstrim karena treknya yang nyaris 90 derajat dan sangat sempit.

Selain itu belum ada pengaman di sisi sebelah kiri dan kanan yang langsung berhadapan dengan jurang. Hanya ada bantuan seutas tali untuk memanjat, jadi harap berhati-hati ya.

3. Akses menuju Gunung Batu

Jika ingin berkendara menuju Gunung Batu Jonggol dari Jakarta rute yang bisa dilalui adalah Cibubur-Cileungsi-Jonggol-Cariu. Setibanya di Cariu kalian akan melihat papan penunjuk jalan menuju Gunung Batu yang bisa kalian ikuti.

4. Biaya masuk
Untuk mendaki Gunung Batu, kalian cukup merogoh kocek Rp 15.000 per orang. Untuk mendaki sampai puncak dikenakan biaya tambahan Rp 5.000 per orang. Untuk parkir kendaraan dikenakan biaya Rp 15.000.

5. Camping di Gunung Batu.

Kalian yang ingin camping atau berkemah di Gunung Batu Jonggol juga disediakan area perkemahan yang berada di area yang cukup lapang dan rindang. Untuk mendirikan tenda dikenakan biaya tambahan Rp 5.000.

6. Banyak Ditemui Kera

Bagi kalian yang ingin berkemah, harap jaga barang bawaan kalian karena banyak ditemui kera berwarna hitam dan berekor panjang di sekitar area Gunung Batu Jonggol. Kera yang biasa disebut lutung ini sering mengambil bahan makanan yang dibawa pengunjung.

Dapatkan informasi terbaru dari kami melalui akun Instagram kami :

➡️➡️@metrobogortimur
Sudah dilihat 31 kali

Komentar