Masyarakat Kelurahan Wirogunan Siap Menyambut Tim Evaluasi KKG PKK KKBPK dan Kesehatan Tingkat DIY

18 November 2019, 06:00 WIB
1 1 158
Gambar untuk Masyarakat Kelurahan Wirogunan Siap Menyambut Tim Evaluasi KKG PKK KKBPK dan Kesehatan Tingkat DIY
Persiapan menyambut Tim Evaluasi Kegiatan Kesatuan Gerak (KKG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dan Kesehatan tahun  2019 tingkat DIY telah dilakukan. Evaluasi administrasi dan kunjungan lapangan akan dilaksanakan hari ini, Senin (18/11/2019).

Evaluasi KKG PKK KKBPK dan Kesehatan  tingkat DIY Kelurahan Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, telah dipersiapkan oleh masyarakat, khususnya masyarakat yang menjadi locus kegiatan. Locus kegiatan dipusatkan di pendopo Wiroguno, Kelurahan Wirogunan, dan diwilayah RW 01, RW 02, RW 03, dan RW 08. Evaluasi tersebut meliputi administrasi dan kunjungan lapangan di locus kegiatan.

Lurah Wirogunan, Anastasia Erwina Siwi Utami, menuturkan bahwa agenda kegiatan yang akan dilaksanakan pada hari Senin  (18/11/2019) adalah (1) Pembukaan, dan dilanjutkan evaluasi administrasi di Gedung Serbaguna Wirogunan; (2) Kunjungan di wilayah locus kegiatan, yang diawali dari RW 08, kemudian RW 03, RW 02, dan berakhir di RW 01. Di wilayah RW 01 tersebut, juga akan dilakukan penutupan kegiatan.

"Kesan dan pesan dari Tim Evaluasi atas hasil evaluasi administrasi dan kunjungan lapangan, akan kita dengar di akhir acara yang akan dilakukan di RW 01". Di rumah Ketua RW 01, Bpk Hery Nugroho ini juga akan melihat pemanfaatan lahan sempit untuk tanaman toga" , tuturnya.

Lurah Wirogunan menambahkan bahwa, persiapan yang dilakukan oleh masyarakat sudah maksimal. Kontribusi masyarakat atas kegiatan ini, sangatlah besar dan berarti, guna mensukseskan acara evaluasi ini.

Evaluasi ini juga akan menampilkan kegiatan di Kampung KB yang berada di wilayah Kampung Bintaran yang terdiri dari RW 01, RW 02 dan RW 03. Di Kampung KB akan menampilkan administrasi dan simulasi BKB, BKR, BKL dan PIK-R. Selain itu terdapat tampilan UPPKS, Yandu Balita, Yandu Lansia dan Posbindu.

Rumah Data menjadi perhatian khusus bagi pengurus Kampung KB. Di rumah data ini akan menampilkan seluruh data dari kampung KB. Data jumlah warga, lansia, anak-anak, data perkawinan dan perceraian, data pengguna alat kontrasepsi dan lain sebagainya.

Penyuluh KB Kota Yogyakarta yang sekaligus pendamping Kampung KB, Ir. Yulia Suryani Dewi, menjelaskan keberadaan Kampung KB sangat berarti bagi Kelurahan Wirogunan. Kampung KB sebagai wahana pemberdayaan masyarakat, untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program KKBPK serta pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil yang  berkualitas.

Ketua LPMK Kel. Wirogunan, Abdul Razaq menjelaskan bahwa banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat atas kegiatan evaluasi ini. Tidak hanya kebersihan dan keindahan wilayah, namun yang paling mendasar adalah pemberdayaan masyarakat. (KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#AbdulRazaq
#LPMKWirogunan
#TPPKKWirogunan
#KKGPKKKKBPKKesehatan
#TerusBergerak
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat

  1 Komentar untuk Masyarakat Kelurahan Wirogunan Siap Menyambut Tim Evaluasi KKG PKK KKBPK dan Kesehatan Tingkat DIY

Tulis komentarmu...

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Ibu Ratna Memberdayakan Ibu-Ibu Dengan Mengolah Kain Limbah Industri Garmen

    Wiwik Uliel  di  Trucuk, Klaten  |  22 Sep 2020
  2. MENGAWAL KEBIJAKAN RESPONSIF JENDER DARI DESA

    Yani Mashudi  di  Manyar, Gresik  |  23 Sep 2020
  3. KOMUNITAS BELAJAR MADANI SOLO (KOMBES) terbentuk!

    Tina Dewi S  di  Surakarta Kota  |  22 Sep 2020

Komentar Terbanyak

  1. 15
    Komentar

    Royongan Komposter

    Narumi Akana  di  Wonosobo  |  27 Sep 2020
  2. 4
    Komentar

    Ibu Ratna Memberdayakan Ibu-Ibu Dengan Mengolah Kain Limbah Industri Garmen

    Wiwik Uliel  di  Trucuk, Klaten  |  22 Sep 2020
  3. 4
    Komentar

    FORUM MADANI WONOSOBO

    Bhayu Surya  di  Wonosobo, Wonosobo  |  24 Sep 2020
  4. 2
    Komentar

    Boomingkan Literasi, TBM AL-LATIF Berkolaborasi dengan KKN UIN SMH Banten 2020

    @leo_ikals  di  Mandalawangi, Pandeglang  |  28 Sep 2020