Mari Mengenal Osteoporosis

64994 medium mari mengenal osteoporosis1 64995 medium mari mengenal osteoporosis2
Pembangunan kesehatan Indonesia saat ini menghadapi beban ganda, di satu pihak penyakit menular masih menjadi masalah, bahkan beberapa penyakit menular yang semula dapat dikendalikan kini mulai bermunculan kembali di masyarakat. Di lain pihak, terjadi peningkatan jumlah kasus dan kematian akibat penyakit tidak menular seperti penyakit jantung dan pembuluh darah, stroke, kanker, diabetes mellitus, asma, penyakit paru obstruktif kronik, dan penyakit kronik dan degeneratif lainnya, seperti osteoporosis.

Badan kesehatan dunia PBB, WHO, mengatakan bahwa osteoporosis dapat dijumpai di seluruh dunia dan sampai saat ini masih merupakan masalah dalam kesehatan masyarakat terutama di negara berkembang. Lalu apakah yang disebut dengan osteoporosis?

Seperti dilaporkan dalam data Pusdatin Kementerian Kesehatan RI pada 2015, definisi osteoporosis adalah penyakit tulang yang ditandai dengan menurunnya massa tulang (kepadatan tulang) secara keseluruhan akibat ketidakmampuan tubuh dalam mengatur kandungan mineral dalam tulang dan disertai dengan rusaknya arsitektur tulang yang akan mengakibatkan penurunan kekuatan tulang yang dalam hal ini adalah pengeroposan tulang, sehingga mengandung risiko mudah terjadinya patah tulang.

Sumber: IndonesiaBaik (Kemkominfo RI)
Sudah dilihat 31 kali

Komentar