Manfaat Beras Merah

55168 medium brown rice top image 710x399 1d6444a457b0ed67e152e5c2904e8123 600x400
Brown rice atau biasa disebut dengan nasi merah merupak salah satu alternatif makanan sehat. Ini dikarenakan beras merah tidak mengalami proses yang rumit seperti beras putih, sehingga kandungan vitaminnya masih utuh dan baik untuk dikonsumsi setiap hari dibandingkan beras putih.

Banyak orang mengkonsumsi beras merah untuk diet. Selain kaya akan serat beras merah ternyata memiliki banyak manfaat.

1. Mengontrol kadar gula dalam darah
Meski harga beras merah lebih mahal daripada beras putih, tetapi beras merah kaya akan manfaat lho untuk kesehatan terutama bagi para penderita diabetes. Beras merah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dari beras putih lho, sehingga dapat menurunkan resiko peningkatan kadar gula dalam darah.

Mengapa bisa? Karena semakin rendahnya indeks glikemik yang ada pada bahan makanan, akan semakin turun juga risiko peningkatan kadar gula dalam darah setelah mengonsumsi makanan tersebut.

Selain itu, indeks glikemik yang rendah dapat mengatur kadar gula dalam darah dan produksi insulin. Dengan mengonsumsi beras merah maka kadar gula dalam darah kamu akan dapat terkontrol dengan baik.

2. Mencegah kanker
Mengonsumsi beras merah juga akan membuat kamu terhindar dari penyakit kanker lho, mengapa bisa? Karena beras merah mengandung zat selenium dan polifenol yang bisa menjaga tubuh terhindar dari penyebab penyakit kanker. Selain itu, kandungan antioksidan yang ada pada beras merah dapat mencegah penyebaran sel kanker dalam tubuh.

3. Menurunkan kadar kolestrol
Kadar kolestrol yang tinggi dalam tubuh dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit kronis seperti gagal jantung, stroke dan diabetes. Jika kadar kolestrol dalam darah kamu cukup tinggi, maka sebaiknya kamu dapat mengubah menu makan kamu dengan mengonsumsi makanan sehat seperti beras merah.

4. Menjaga kesehatan tulang dan gigi
Beras merah mengandung magnesium dan kalsium yang sangat dibutuhkan oleh tulang dan juga gigi. Dengan terpenuhinya kebutuhan dua mineral yang penting untuk tubuh tersebut, akan membuat kesehatan tulang dan gigi kamu menjadi terjaga.

5. Mencegah penyakit jantung
Kandungan serat dan antioksidan yang tinggi pada beras merah dapat membantu membersihkan plak yang terkumpul pada arteri dan melancarkan aliran darah yang mengalir ke seluruh tubuh. Aliran darah yang mengalir dengan lancar ini, akan mencegah kamu terkena penyakit jantung.

6. Melancarkan pencernaan
Kandungan serat yang ada pada beras merah tidak hanya membuat kamu merasa kenyang lebih lama, tetapi juga bisa melancarkan sistem pencernaanmu. Dengan sistem pencernaan yang lancar, maka akan membuatmu terhindar dari berbagai macam penyakit yang akan menyerang sistem pencernaanmu, seperti iritasi usus, kanker usus, sembelit dan wasir.

Sumber:IDN News


Sudah dilihat 72 kali

Komentar