Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Tubuh Manusia

5 0 67
Gambar untuk Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Tubuh Manusia
Air kelapa merupakan salah satu isotonik alami yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Air kelapa muda memiliki rasa segar yang bisa melegakan tenggorokan, apalagi di tengah cuaca yang panas. Tahukah kamu, ternyata air kelapa muda memiliki berbagai manfaat untuk tubuh. Apa saja manfaat air kelapa muda yang sayang sekali untuk dilewatkan?

1. Sumber Antioksidan Bagi Tubuh




Kandungan antioksidan tinggi yang ada di dalam air kelapa bisa menangkal radikal bebas. Radikal bebas sendiri adalah molekul tidak stabil yang diproduksi dalam sel tubuh selama proses metabolisme. Ketika tubuh terlalu banyak terpapar radikal bebas, maka akan meningkatkan risiko penyakit.


Untuk mencegah hal ini, tidak ada salahnya jika kamu mengonsumsi air kelapa secara rutin. Kandungan antioksidan yang ada di dalamnya bisa menetralkan stres oksidatif dan radikal bebas yang muncul. 

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung




Manfaat air kelapa selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan jantungmu. Sebuah penelitian pernah meneliti hewan uji yang mengemukakan bahwa dengan mengonsumsi air kelapa muda bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan trigliserida, serta menurunkan perlemakan hati. 


Selain itu, sebuah penelitian juga menyatakan bahwa dengan mengonsumsi air kelapa ini bisa mencegah penumpukan kalsium, oksalat, maupun zat lain yang mengkristal, dan menjadi batu ginjal. Meskipun demikian, masih diperlukan penelitian lanjutan untuk hal tersebut.

3. Menurunkan Tekanan Darah




Manfaat air kelapa muda selanjutnya adalah dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini telah dibuktikan berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada orang dengan tekanan darah tinggi. Dalam penelitian ini, didapatkan air kelapa bisa menurunkan tekanan darah tinggi sebesar 71%. Selain itu, kandungan kalium tinggi dan juga natrium rendah yang ada di dalam air kelapa bisa membantu untuk mendapatkan manfaat yang satu ini.

4. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh




Selain memiliki cita rasa yang enak dan melegakan, air kelapa juga mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam 30 ml air kelapa terdapat 60 mg kalium, dan juga 5.5 mg natrium. Tidak hanya itu, dalam air kelapa juga bisa ditemukan vitamin C, asam folat, kalsium, zat besi, magnesium, dan fosfor yang dibutuhkan oleh tubuh.


Dengan mengkonsumsi air kelapa secara rutin, tubuh akan mendapatkan berbagai nutrisi yang dibutuhkan untuk meningkatkan sistem metabolisme. Apalagi di tengah pandemi seperti ini, dimana virus covid merajalela. Kita harus pastikan setiap makanan dan minuman bergizi yang baik untuk tubuh.

5. Mencegah Batu Ginjal




Manfaat air kelapa muda yang terakhir adalah mencegah adanya batu ginjal dalam tubuh. Hal ini sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa kandungan air kelapa bisa menjadi pilihan terbaik untuk memenuhi asupan cairan sekaligus membantu seseorang terhindar dari penyakit batu ginjal (kencing batu).


Penelitian ini dilakukan dengan melakukan uji coba pada tikus. Berdasarkan uji coba ini, ditemukan bahwa air Cocos nucifera mampu mencegah kristal menempel pada ginjal dan bagian lain dari saluran kemih.  Para peneliti juga yakin jika air Cocos nucifera yang ada di dalam air kelapa ini  membantu mengurangi produksi radikal bebas yang terjadi sebagai respons terhadap kadar oksalat yang tinggi dalam urine. 


Itulah lima manfaat air kelapa muda yang sangat sayang ditinggalkan untuk kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan manfaat dari air kelapa ini, kamu bisa menikmatinya dengan diminum secara langsung dari kelapa muda. Tentunya ini akan sangat menyegarkan dan sangat bermanfaat untuk tubuh. 

  Komentar untuk Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Tubuh Manusia

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Situasi dan Kondisi Bukan Hambatan Petani

    Izzatul Fajriyah  di  Brondong, Lamongan  |  22 Nov 2020
  2. Beritakan Lingkungan Sekitar, Pemuda Lamongan Adakan Kelas Jurnalisme Warga

    Zuria Qurrotul Aini  di  Brondong, Lamongan  |  22 Nov 2020
  3. GURU TK ABA MENCOREK BERTEKAD MEMBENTUK KARAKTER ANAK DIPENDIDIKAN USIA DINI

    Roy cahya pratama putra  di  Brondong, Lamongan  |  22 Nov 2020
  4. Komunitas Motor (Sezari C70 ) Lombok Timur Peduli Lingkungan

    sosiawanputra  di  Pringgasela, Lombok Timur  |  26 Nov 2020

Komentar Terbanyak

  1. 2
    Komentar

    Situasi dan Kondisi Bukan Hambatan Petani

    Izzatul Fajriyah  di  Brondong, Lamongan  |  22 Nov 2020
  2. 2
    Komentar

    GURU TK ABA MENCOREK BERTEKAD MEMBENTUK KARAKTER ANAK DIPENDIDIKAN USIA DINI

    Roy cahya pratama putra  di  Brondong, Lamongan  |  22 Nov 2020
  3. 2
    Komentar

    Beritakan Lingkungan Sekitar, Pemuda Lamongan Adakan Kelas Jurnalisme Warga

    Zuria Qurrotul Aini  di  Brondong, Lamongan  |  22 Nov 2020
  4. 2
    Komentar

    Potensi Wisata Desa

    Shella Rizqi Aulawwiyah  di  Paciran, Lamongan  |  22 Nov 2020