Makanan Yang Di Larang Untuk Di Konsumsi Mentah

Header illustration
Ketika masih mentah, makanan tersebut mengandung sejenis racun alami yang dapat mengakibatkan gangguan pada pencernaan. Kemungkinan besar juga terdapat bakteri-bakteri yang masih hidup jika tidak diolah terlebih dahulu. Berikut beberapa makanan yang tidak boleh di makan mentah, seperti yang dikutip dari liputan6.com (27/01/2017) dan womantalk.com (03/02/2017).

1.Taoge

Taoge atau kecambah (reps-id.com)
Lisa Cohn, seorang pakar nutrisi dari miVIP Surgery Centers AS, mengatakan bahwa, taoge atau kecambah merupakan tempat dimana bakteri berbahaya seperti E. colie, salmonella dan listeria. Sehingga Lisa menyarankan orang-orang yang memiliki daya tahan tubuh kurang baik atau daya imunitah rendah seperti wanita hamil, balita, atau lansia ketika akan mengonsumsi taoge harus memastikan bahwa taoge telah matang sepenuhnya. Jika Anda tidak termasuk dalam kategori tersebut, Anda hanya perlu mencuci dengan air bersih dan membilasnya dengan air panas.

2. Kentang

Kentang (hellosehat.com)
Ashvini Mashru, ahli gizi dan pendiri Wellness Nutrition Concepts, Pennsylvaniaelain, mengatakan, selain tidak enak, kentang yang belum matang sempurna dapat menimbulkan masalah pada pencernaan seperti buang angin berlebihan dan perut kembung. Yang berbahaya yaitu zat tepung dalam kentang belum matang. Untuk mencegahnya perlu dimasak dengan baik seperti memanggang, menumis, mengukus dan lain-lain, sampai matang sempurna.

3.Kacang merah

Kacang merah (hellosehat.com)
Kacang merah memang kaya akan nutrisi, namun jangan dikonsumsi mentah. Seorang ahli gizi, Jennifer Christman mengatakan, "Mengonsumsi kacang merah dalam keadaan mentah bisa menyebabkan mual ekstrim, diare dan muntah. Hal tersebut diakibatkan adanya kandungan lektin dalam kacang merah mentah."

4.Susu

Bahaya minum susu mentah (hellosehat.com)
Mengonsumsi susu mentah pernah menjadi tren. Namun, akan jauh lebih baik bila mengolah terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. Salah satunya dengan pasteurisasi yaitu proses memanaskan hingga 71 derajat celcius selama kurang dari 15 detik. Dengan proses tersebut akan mematikan bakteri seperti listeria, salmonella dan E. Colie.

Kemudian, ada sebagian orang yang sensitif dengan sayuran mentah seperti brokoli, kembang kol dan kubis. "Dalam sayuran tersebut terkandung gula yang susah dicerna oleh tubuh. Maka dari itu perlu dimasak dahulu agar lebih mudah dicerna," kata Mashru.

5.Daun singkong dan singkong

Daun singkong (alodokter)
Daun singkong biasanya dijadikan uraban atau lalapan, dan singkongnya dijadikan kolak, digoreng atau direbus. Mengolah daun singkong dan singkongnya hingga matang sempurna hukumnya wajib. Sebab dalam daun singkong dan singkong yang mentah terdapat zat berbahaya yaitu sianida. Sianida lebih banyak ditemui di daun singkong. Menurut drugs.com, gajela awal keracunan sianida antara lain, pusing, mual, muntah-muntah dan kejang-kejang.

Nah itulah beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi mentah. agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Komentar