Longsor di Kaki Gunung Rinjani, Jalan Antar-kecamatan Lumpuh 5 Jam Lebih

15 February 2019, 06:48 WIB
1 2 75
Gambar untuk Longsor di Kaki Gunung Rinjani, Jalan Antar-kecamatan Lumpuh 5 Jam Lebih
Lombok - Longsor kembali terjadi di bawah kaki Gunung Rinjani, Sembalun, Lombok Timur. Longsor disebabkan curah hujan tinggi yang mengguyur wilayah tersebut. 

"Tekanan air hujan yang tinggi, struktur tanah yang labil. Cuaca di Sembalun juga tidak menentu, kadang jam 11 siang sudah hujan," ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD NTB, Agung Pramuja, saat dihubungi, Minggu 
Agung mengatakan, longsor yang mengakibatkan lebih dari 5 jam jalan penghubung antar kecamatan itu tertutup lumpur saat ini sudah bisa tertangani. Satu alat berat juga telah dikerahkan oleh PU Lombok Timur. Tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. 

Sementara, warga sekitar, Kautsar mengatakan, akibat longsor itu terjadi kemacetan sepanjang 1 kilometer. Selain itu, aktivitas perdagangan di wilayah Sembalun juga terhambat. 

"Aktivitas jual beli masyarakat di Pasar Sembalun hari ini terhambat, akibat tidak adanya pasokan barang dari pasar Aikmel dan Masbagik," ujar Kautsar. 
Kautsar juga mengatakan, longsor diketahui terjadi sejak pukul 06.00 Wita. Jalan baru bisa dilalui kendaraan sekitar pukul 11.45 Wita setelah aparat TNI, kepolisian dan masyarakat setempat bergotong royong membersihkan badan jalan dari material longsor. Namun, menurut Kautsar, warga di sekitar Sembalun masih khawatir akan terjadinya longsor susulan.

"Longsor akibat hujan yang terus menerus. Kondisi tanahnya masih labil akibat gempa dulu itu tidak bisa menahan air," katanya.

  2 Komentar untuk Longsor di Kaki Gunung Rinjani, Jalan Antar-kecamatan Lumpuh 5 Jam Lebih

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar