LOMBOK TENGAH DI TENGAH PESTA DEMOKRASI DESA

32357 medium pilkades 1
Setelah pagelaran Pilkada untuk memilih gubernur dan wakil gubernur usai dilaksanakan dengan nyaman dan aman, Kabupaten Lombok Tengah memasuki tahap pesta demokrasi desa. Party dimaksud adalah Pemilihan Kepala Desa serentak. Diketahui, jumlah desa yang akan melaksanakan Pilkades di Kabupaten Lombok Tengah tahun 2018 ini sebanyak 96 desa (dari 129 desa). Guna mensukseskan pagelaran dimaksud, pemerintah daerah telah menyiapkan anggaran sekitar Rp 2 miliar untuk pengadaan surat suara dan honor panitia.

Dalam rundown Pilkades serentak yang sudah berjalan, terlihat bahwa hari pencoblosan Pilkades Serentak itu akan dilaksanakan tanggal 24 Oktober 2018. Beberapa ketentuan mengikat dalam pelaksanaan Pilkades telah diformat lengkap dalam Peraturan Bupati Lombok Tengah. Salah satu hal penting yang termuat dalam aturan tersebu adalah bagi kepala desa incumbent (petahana) yang akan maju kembali, harus cuti sejak ditetapkan menjadi calon kepala desa. Sedangkan bagi perangkat desa lain, harus mengajukan surat pengunduran diri sebelum mendaftar untuk mengikuti kegiatan Pilkades Serentak.

Pesta demokrasi desa dipastikan akan berlangsung sangat meriah. Salah satu tolok ukur yang dapat dijadikan referensi adalah tingginya jumlah anggaran yang disediakan untuk pelaksanaan kegiatan dimaksud.

Tidakkah pemerintah pernah berpikir untuk membuat semacam inovasi agar pelaksanaan pemilihan seperti ini tidak menelan anggaran yang banyak dengan menyisakan segunung sampah kertas?! Entahlah....

Mari berubah bersama AtmaGo
Wujudkan upaya "warga membantu warga"
Sudah dilihat 54 kali

Komentar