Launching Simpul Belajar Anak Milenial (BARANI ) Makassar

4 0 187
Gambar untuk Launching Simpul Belajar Anak Milenial (BARANI ) Makassar
Simpul Belajar Anak Melenial disingkat BARANI sebuah forum belajar yang dibentuk oleh setidaknya delapan organisasi yang memiliki konsern pada keberagaman di Makassar. Kedelapan organisasi tersebut diantaranya Institute Community Justice, Koalisi Perempuan Indonesia, LAPAR, Peace generation, LBH Makassar, KITA Bhineka, Perdik dan Dewi Keadilan. Kedelapan organisasi ini merupakan motor penggerak forum ini. Forum ini dilaunching dalam sebuah acara Visioning Workshop yang dilakukan di Hotel Arthama, Makassar dan dihadiri oleh Bappeda Kota Makassar, Kesbangpol, Dinas Pemuda dan olahraga, akademisi, privat sector yang dihadiri oleh Yayasan Kalla, dan anggota Dewan Tanggung Jawab sosal perusahaan dan media, Senin, 28 September 2020.
Dalam sambutan pembukaan Workshop Visioning, Kepala BAPPEDA Kota Makassar Andi Khadijah Iriani menyampaikan bahwa, pemuda merupakan asset bangsa, penentu arah masa depan kehidupan yang lebih baik. Keberadaan pemuda menjadi energi pembaharu yang kaya akan kritis dan imajinatif. Iriani juga menyampaikan bahwa pemerintah Kota Makassar sangat mendukung pembentukan forum belajar sebagai media para pemangku kepentingan dalam berdiskusi untuk membangun isu keberagaman social di kalangan pemuda. Forum diharapkan bisa meningkatkan peran berbagai multistakholder yang secra efektif dengan prinsip kesetaraan, akuntabilitas dan saling memberi manfaat dengan dukungan pemerintah yang berbasis program.
Pasca pembukaan acara Visioning Workshop doalnjutkan dengan pemaparan materi dari Field Coordinator Kota Makassar Salma Tadjang dan perwakilan dari CSO dsn pemerintah yang menyampaikan situasi terkini keberagaman social di Kota Makassar. Menurut Salma, Simpul belajar merupakan sebuah pendekatan esensial dalam memperkuat kapasitas, legistimasi dan keberlanjutan CSO. Melalui Simpul belajar, masayrakat sipil dapat mengedentifikasi kebutuhan penguatan organisasinya dan bagaimana forum itu diperkuat. M. Ikbal mengemukan fakta terkini terkait dengan keberagaman yang selama sepuluh tahun terakhir ini menempatkan Makassar sebagai kota intoleran tetapi dibalik itu di Kota Makassar saat ini muncul banyak komunitas yang focus pada isu perdamaian dan itu pelopori oleh anak muda. Dalam visioning workshop, kalangan privat sector juga menegemukan program kerja yang mereka lakukan khususnya pemberian beasiswa danpenyelesaian studi bagai mahasiswa yang kurang mampu. Mereka berharap forum ini dapat menjadi media untuk membangun komunikasi dan koordinasi antara pemerintah, swasta dan CSO.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Pray For Indonesia Januari 2021

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Klaten Utara, Klaten  |  17 Jan 2021
  2. Pray For Indonesia From Tangerang

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Cisauk, Tangerang Kabupaten  |  19 Jan 2021
  3. Terpilihnya Dhiyaur Ridho, Begini Harapan dan pendapat teman-teman IKAMALA Sidoarjo

    Zuria Qurrotul Aini  di  Brondong, Lamongan  |  21 Jan 2021

Komentar Terbanyak

  1. 2
    Komentar

    Pembukaan Beasiswa Banyuwangi Cerdas 2021

    Wisnu Artedjo  di  Banyuwangi  |  21 Jan 2021
  2. 2
    Komentar
  3. 2
    Komentar

    Terpilihnya Dhiyaur Ridho, Begini Harapan dan pendapat teman-teman IKAMALA Sidoarjo

    Zuria Qurrotul Aini  di  Brondong, Lamongan  |  21 Jan 2021
  4. 1
    Komentar

    Pengungsi Banjir Kota Pekalongan Telah Kembali Ke Rumah Masing-Masing

    Siswoyo R  di  Pekalongan Kota  |  21 Jan 2021