Kurma Manis Untuk Bekal Ramadhanmu yang Sehat dan Aktif

25497 medium kurma
Halo Atmaguys, beberapa hari lagi sudah memasuki bulan Ramadhan, nih. Kalian sudah siap belum? Hehe harus siap lah ya, nah kali ini saya akan membahas tentang si manis buah idola saat bulan Ramadhan nih, khususnya pada saat berbuka, ada yang tau? Yups, betul banget nih kalau kalian jawab Kurma. Untuk selengkapnya simak ulasan dibawah yuk!

Kurma adalah buah yang datang dari Timur Tengah dan termasuk juga kedalam tanaman palma. Pohon kurma mempunyai tinggi sekitaran 15-25 m dengan buah yang dihasilkan umumnya mempunyai panjang 3-7 cm serta berdiameter 2-3 cm dengan biji tunggal. Buah kurma dibagi jadi 3 kelompok paling utama yakni kelompok lunak, semi kering serta kering.


Kurma mempunyai kandungan nutrisi yang banyak umpamanya thiamin, niasin, folat, riboflavin hingga tak heran bila buah ini mempunyai banyak manfaat. Buah ini pas dikonsumsi oleh ibu hamil serta menyusui yang karena kandungan hormon semacam oksitosin. Hormon itu bisa menolong untuk merangsang kontraksi otot polos pada rahang saat mendekati melahirkan. Kurma dapat juga menolong untuk kurangi pendarahan saat melahirkan. Pada saat pasca melahirkan, sari dari buah kurma bisa menolong untuk menyetabilkan keadaan ibu serta kembalikan nutrisi, juga dapat bermanfaat bagi pasien Demam Berdarah untuk menaikkan trombosit darah. Nah mengonsumsi kurma saat sahur atau berbuka puasa tidak hanya mengenyangkan, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan.


Manfaat Kurma untuk Kesehatan

Saat berpuasa, perut akan kosong selama beberapa jam. Metabolisme tubuh juga berjalan lebih lambat dari biasanya, sehingga perut membutuhkan waktu beradaptasi untuk menerima makanan kembali setelah berbuka. Oleh karena itu, perut membutuhkan makanan yang mudah dicerna dan bisa membantunya bersiap diri menerima makanan lain, salah satunya adalah kurma. Untuk itu mengapa banyak Hadits yang menganjurkan mengonsumsi kurma pada saat sahur dan berbuka. Tapi ada kah yang tau apa saja manfaat kurma untuk kesehatan?

1. Detoksifikasi

Kurma bisa membantu proses detoksifikasi, yaitu mekanisme untuk membuang atau menetralkan racun di dalam tubuh. Ini karena kurma mengandung jenis gula yang sederhana, mudah diserap, mengandung elektrolit, dan mineral penting untuk tubuh. Sehingga, saat kamu berbuka puasa dengan kurma dan dilanjutkan dengan minum air putih, beban pencernaan akan berkurang dan memudahkan proses detoksifikasi di dalam tubuh.

2. Meningkatkan Energi

Kurma memiliki kandungan gula alami yang tinggi seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Sebab, kandungan gula alami tersebut dapat memulihkan tubuh dan memberikan energi yang dibutuhkan. Oleh karena itu, buka puasa dengan kurma adalah salah satu cara yang tepat untuk mengembalikan energi yang hilang setelah beraktivitas dan berpuasa.

3. Memperbaiki Fungsi Otak

Mengonsumsi kurma dapat memperbaiki fungsi otak. Ini karena kurma dapat menurunkan peradangan dan mencegah penumpukan plak pada otak. Selain itu, sebuah studi melaporkan bahwa kurma dapat meningkatkan fungsi otak, termasuk menurunkan jumlah hormon penyebab stres (hormon kortisol).

4. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Konsumsi kurma bisa membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan, termasuk mencegah terjadinya sembelit. Alasannya adalah :

Kurma mengandung serat yang bisa melancarkan dan membersihkan usus dari racun serta zat berbahaya lainnya. Selain itu, kurma juga bisa menstimulasi perkembangan bakteri baik dan menghambat pertumbuhan organisme pengganggu di usus.

Kurma mengandung asam amino yang bisa membantu melancarkan pencernaan dan meningkatkan penyerapan nutrisi oleh tubuh.

4. Manfaat Kurma Lainnya

Selain empat manfaat yang telah disebutkan, kurma juga bermanfaat untuk :

Menjaga kekuatan tulang, karena kurma mengandung mineral yang baik untuk kesehatan tulang seperti selenium, mangan, magnesium, dan kalium.

Menjaga kesehatan jantung, karena kurma mengandung potasium yang bisa membantu regulasi jantung tetap lancar dan menjaga tekanan darah stabil.

Mencegah anemia, karena kurma mengandung zat besi yang bisa membantu memproduksi sel darah merah di dalam tubuh.


Nah sudah tau manfaatnya kan? Tunggu apa lagi nih? Buruan serbu toko kurma terdekat dan siapkan stok bulan Ramadhan kamu. Dapat pahala Sunnah nya, dapat pula sehatnya.



Sumber :
Halodoc (apps)
Google.com

Komentar