KULWAP Menjaga Kebersihan Serta Kesehatan Gigi dan Mulut

41530 medium gigi
*DOKUMENTASI KULWAP (Kuliah WhatsApp)*

LDHS Pilar No.1: Gaya Hidup Sehat
Sub Pilar : Menjaga kebersihan

*Menjaga Kebersihan Serta Kesehatan Gigi dan Mulut*

Narasumber Diskusi :
drg.Yulia Aristiani

Perangkum Tanya jawab:
Sarah Nanda

*-------------*
*MATERI*
*-------------*

*Perawatan dan pencegahan penyakit/kalainan gigi dan mulut sejak dini*

Kesehatan manusia sangat berperan penting dalam mempersiapkan dan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dimasa depan.
Kesehatan gigi dan mulut adalah bagian dari kesehatan tubuh secara keseluruhan dan sangat dibutuhkan oleh manusia karena melalui mulut semua makanan masuk dan diproses dengan menggunakan gigi agar makanan dapat dicerna dengan baik. Melalui pencernaan makanan yang baik diperoleh mutu gizi makanan yang baik untuk memenuhi aktivitas sehari hari.
Adanya penyakit pada gigi dan mulut dapat menyebabkan penyakit pada bagian tubuh yang lain ataupun dapat meningkatkan keparahan dari penyakit/kelainan sistemik yang telah ada, sebaliknya penyakit/kelainan sistemik dapat mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut, misalnya pada pasien Diabetes Mellitus, Kardio Vascular ,dll. Untuk penyandang autoimun yang secara medis adalah merupakan keadaan dimana sistem imun menyerang jaringan dan sel2 tubuh yang sehat sehingga  dapat menyebabkan inflamasi/peradangan dan kerusakan jaringan tubuh seperti : sendi,kulit,ginjal,paru2, jantung, pembuluh darah, system syaraf,otak dan mulut.

Gigi tidak akan tumbuh selamanya. Dimulai dengan periode gigi susu, pada periode ini peran orang tua kgususnya para ibu akan sangat besar pada usaha pencegahan penyakit/kelainan gigi dan mulut sejak dini. Kurangnya pengetahuan dan pemahaman orang tua tentang peran gigi susu dapat berakibat fatal pada kesehatan gigi dan mulut anak..

Gigi dewasa yang telah rusak parah dan akhirnya harus dicabut dapat mengganggu fungsi pengunyahan yang baik, oleh sebab itu perlu suatu usaha pencegahan penyakit/kelainan pada gigi dan mulut sedini mungkin dan berkesinambungan agar dapat dicapai kesehatan gigi yang optimal.

Beberapa penyakit/kelainan yang sering terjadi adalah : rampant caries/nursing bottle caries, gigi berlubang/caries dentis, karang gigi/calculus,perubahan warna gigi,sariawan,gusi berdarah, abrasi gigi, jamur pada rongga mulut, peradangan gusi/ginggivitis, abses/gusi bernanah, dan kista/tumor/kanker.
Untuk pencegahan sejak dini dapat dilakukan dgn beberapa cara :
1. Melatih perilaku hidup sehat dengan menyikat gigi dan membersihkan lidah.minimal 2x sehari diwaktu pagi stlh sarapan dan sblm tidur malam, berkumur hy 1x stlh menyikat gigi, berkumur stlh makan/minun yg manis, bila perlu gunakan benang gigi  dan tuk bayi dan batita dibersihkan dgn kain halus/ cotton bud yg dibasahi air matang.
2. Periksa/kontrol ke dokter gigi 6 bulan sekali
3. Pencegahan dengan tindakan proffesional di dokter gigi.

Untuk menciptakan hidup sehat dibutuhkan suatu perilaku yg sehat pula. Agar suatu tindakan menjadi suatu kebiasaan, rutinitas dan akhirnya membentuk suatu pola perilaku, dibutuhkan adanya latihan, pengulangan, waktu dan kesabaran. Apabila telah mempunyai kebiasaan yang salah akan sulit tuk diubah. Oleh sebab itu, penanaman perlaku hidup sehat sbg usaha pencegahan penyakit/ kelainan gigi dan mulut harus ditanamkan sejak dini.
.
. #limadasarhidupsehat #mariszacardobafoundation
Sudah dilihat 15 kali

Komentar