Komunitas Disabilitas Kreatif Banten Membuktikan Siapapun Bisa Berkarya

29 June 2019, 23:25 WIB
9 0 355
Gambar untuk Komunitas Disabilitas Kreatif Banten Membuktikan Siapapun Bisa Berkarya
Kita pasti pernah merasa tidak seberuntung orang lain. Merasa tidak seberuntung mereka yang hidup bergelimang fasilitas, atau tak seberuntung mereka yang dikaruniai fisik yang nampak sempurna. Padahal itu semua hanyalah alasan, alasan agar kita tak memulai sesuatu. Dan alasan-alasan itu ternyata takkan membuat kita sukses.

Belajar dari kawan-kawan kita yang memiliki keterbatasan fisik, banyak dari mereka yang menganggap keterbatasan fisik bukan alasan untuk tidak melakukan sesuatu. Ini dibuktikan oleh kawan-kawan penyandang disabilitas yang tergabung dalam Komunitas Disabilitas Kreatif Banten (Banten Creative Disability). Berawal dari kegelisahan, dua pemuda tuna netra bernama Tomi dan Muhammad Fajri, menginisiasi gerakan disabilitas kreatif Banten. Keduanya ingin mengajak kepada penyandang disabilitas untuk berani mengenali serta mengeksplorasi potensi diri.

“Berawal dari rasa kesetiakawanan dan selaku penyandang disabilitas, kami ingin sekali mengajak kepada kawan-kawan disabilitas yang ada di Banten untuk mengembangkan potensi. Kami tahu, dengan keterbatasan yang kami miliki seolah membatasi kami untuk mengembangkan diri. Padahal keterbatasan bukanlah penghalang untuk mengembangkan diri. Dari situlah kami mempunyai ide untuk mengeksplorasi potensi kami serta kawan-kawan disabilitas lainnya agar kami percaya diri untuk berkarya serta menjadi bagian dari masyarakat.” Tutur Tomi selaku inisiator komunitas ini.

Dalam menggali potesi setiap anggotanya, banyak hal yang dilakukan komunitas Disabilitas Kreatif Banten.

“Untuk mengembangkan potensi kawan-kawan disabilitas, banyak kegiatan yang kami lakukan. Diantaranya ada pelatihan vokasi pijat, pelatihan pembuatan handycraft, kesenian hingga literasi.” Fajri menjelaskan kegiatan-kegiatan yang diadakan komunitas.

Bahkan di bulan desember nanti, ketika hari disabilitas Internasional, mereka akan menampilkan sebuah drama musikal yang sudah mulai mereka siapkan sejak saat ini.

“Kami sedang mempersiapkan untuk pementasan yang akan kami lakukan pada saat hari disabilitas internasional pada desember mendatang. Untuk kami meminta bantuan kepada semua pihak demi terlaksananya acara ini. Kami yakin acara ini akan membuat kami lebih percaya diri menjadi bagian dari masyarakat. Kami ingin membuktikan bahwa kami bisa bukanlah benalu, kami juga ingin menjadi sebaik-baiknya manusia. Yakni manusia yang bermanfaat untuk banyak orang.” Tomi menambahkan.

Tomi dan Fajri pun memberi pesan untuk kawan-kawan disabilitas dimanapun untuk tidak menjadikan keterbatasan sebagai halangan untuk berkarya. Karena dunia menunggu karya dan prestasi, bukan sebuah alasan. Untuk mewujudkan itu semua tentu tidaklah mudah, namun dengan memulai hari ini maka apapun bisa terjadi. Semoga Bermanfaat! #atmaGo #inspirasikomunitas

  Komentar untuk Komunitas Disabilitas Kreatif Banten Membuktikan Siapapun Bisa Berkarya

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!