Komitmen Bersama Mencegah PTM dengan Perilaku CERDIK

2 0 399
Gambar untuk Komitmen Bersama Mencegah PTM dengan Perilaku CERDIK
Gebyar Posbindu Penyakit Tidak Menular (TPM) Kec. Mergangsan, yang diinisiasi oleh Puskesmas Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta dilaksanakan pada hari Jum’at (30/8/2019) bertempat di aula Gedung Serbaguna Kel. Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta.

“Posbindu PTM bertujuan untuk memberikan penyuluhan dan upaya agar tidak sampai menjadi masyarakat yang beresiko terkena penyakit PTM. Bagi masyarakat beresiko, Posbindu PTM bertujuan untuk mengenali faktor resiko PTM yang ada dan upaya mengurangi jumlah maupun intensitas faktor resiko tersebut agar tidak menjadi penyakit PTM.”, ujar Kepala Puskesmas Kec. Mergangsan drg. Risa Dhiana Permanasari disela-sela acara Gebyar Posbindu.

Hadir dalam Gebyar tersebut Kepala Dinas Kesehatan (Dinskes) Kota Yogyakarta yang diwakili oleh Tri Mardoyo, Camat Mergangsan, Rini Rahmawati, S.IP,. M.IP, Danramil Mergangsan, Rohmad, Lurah Wirogunan, Anastasia Erwina Siwi Utami, S.IP, Lurah Keparakan, Rina Budi Prastiwi, S.IP., M.Si dan Lurah Brontokuuman, Maryanto, SE., TKPKK se-Kec, Mergangsan, LPMK se-Kec. Mergangsan, Pengurus KESI se-Mergangsan, Kader Posbindu se-Kec. Mergangsan dan masyarakat umum.

Salah satu agenda dalam Gebyar tersebut adalah komitmen bersama dalam mencegah PTM dengan perilaku Cerdik. Komitmen dipandu oleh Ketua TP PKK Kec. Mergangsan, yang diikuti oleh seluruh peserta yang hadir dalam Gebyar. Komitmen PTM dengan Perilaku Cerdik terdiri dari (1) Cek kesehatan secara berkala; (2) Enyahkan asap rokok; (3) Rajin olah raga dam aktifitas fisik, minimal 30 menit sehari; (4) Diet seimbang, makan buah sayur setiap hari; (5) Istirahat cukup; dan (6) Kelola stress dengan baik.

Pembacaan komitmen dilanjutkan dengan penanda tanganan komitmen oleh stackeholder se-Kec. Mergangsan, antara lain oleh Lembaga swadaya masyarakat (LSM) Humanity & inclusion (HI), Mr. Mads Jhanson dari World Diabetes Foundation (WDF), Camat Mergangsan, Danramil, Lurah se-Kec. Mergangsan, LPMK, KESI, TP PKK se-Ke. Mergangsan.

Lurah Wirogunan, Anastasia Erwina Siwi Utami menyatakan bahwa keberadaan Posbindu bisa menanggulangi beberapa penyakit yang ada di masyarakat. Menurutnya, seringkali warga tidak mengetahui jika mengidap penyakit tertentu. “Untuk itu, dengan adanya Posbindu warga dapat megetahui dan menanggulangi agar tidak menjadi parah,” tandasnya. “Suksesnya posbindu menjadi tanggungjawab semua pihak, tidak hanya Lurah, kader Kesi, namun tanggungjawab bersama, termasuk LPMK Wirogunan”, ujar ibu satu anak ini mengakhiri. (AR)

#SemarakWirogunan
#AbdulRazaq
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Pray For Indonesia Januari 2021

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Klaten Utara, Klaten  |  17 Jan 2021
  2. Pray For Indonesia From Tangerang

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Cisauk, Tangerang Kabupaten  |  19 Jan 2021
  3. Meraup Keuntungan dari Bisnis Hidroponik, Mahasiswa KKN UIN Walisongo diberi Bekal dari Petani

    Arini Noor Khasanah  di  Ngaliyan, Semarang Kota  |  14 Jan 2021
  4. PMI Kota Bandung Mengirimkan Relawan Tambahan Ke Bencana Longsor Sumedang

    KSR PMI Kota Bandung  di  Bandung Kota  |  17 Jan 2021

Komentar Terbanyak

  1. 2
    Komentar
  2. 2
    Komentar

    FGD Prioritasi Advokasi Dana Kelurahan Kota Surakarta

    Tina Dewi S  di  Surakarta Kota  |  15 Jan 2021
  3. 0
    Komentar

    Pelatihan Kerja Gratis BLK Sidoarjo

    Gilang H H  di  Surabaya  |  18 Jan 2021
  4. 0
    Komentar

    Urgent, Dibutuhkan Segera Darah Golongan B Plus

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Lamongan, Lamongan  |  22 jam lalu