Kirab budaya Saparan Dilestarikan

37177 medium post 45196 e9ab8b62 9360 4694 9f0d 49aac5d74cf4 2018 10 26t19 45 29.614 07 00
Kirab budaya Saparan dilestarikan

Samigaluh -- Upacara adat bagi masyarakat jawa masih sangat kental apalagi saat ini baru di galakan untuk digali sebagai budaya yang di bumikan, salah satu adat yang berada di daerah pegunungan yaitu Saparan, camat Samigaluh Triyanto Raharjo menuturkan kepada Kabarno.com kemarin sore Kamis 25 Oktober 2018.

" tradisi bagi masyarakat jawa utamanya saat ini perlu dilestarikan, kita gali dan kita kembangkan untuk kita jadikan destinasi wisata yang sangat menarik perhatian."

Triyanto menambahkan sebelum acara saparan, pada malam harinya di selenggarakan hadroh dan karawitan sedangkan siang harinya dilaksanakan kirab budaya mengusung gunungan yang terbuat dari hasil bumi Pedukuhan Dukuh Desa Purwoharjo Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulon Progo.

Gunungan di kirab keliling pedukuhan diikuti bergodo dan warga masyarakat yang membawa nasi kenduri yang di kemas dengan daun kelapa, seusai dikirab, dan sampai di balai pedukuhan gunungan dan kenduri didoakan oleh seorang rois setempat dan dimakan bersama.

Saparan Pedukuhan Dukuh dilaksanakan sudah berpuluh puluh tahun sehingga anak cucu setiap bulan jawa sapar memetri nguri uri, konon cerita merupakan pengetan Kyai Sapar dan Nyai Sapar yang pernah singgah dan melakukan semedi di Dukuh. ( yah )

Sumber: Group WA RADIO SUARA PASAR KP DIY
Sudah dilihat 26 kali

Komentar