Ketua DPR usulkan pemberlakuan jalan tol untuk sepeda motor

48397 medium post 54920 89a06de5 b157 401d 9655 e50ea2c251b5 2019 01 31t07 11 02.571 07 00
Jika diberlakukan, Indonesia seperti Australia, spanyol dan Malaysia serta beberapa negara lainnya yang sudah membiarkan jalan tol dilalui oleh pengendara roda 2.
Usulan tentang pemberlakuan jalan tol untuk sepeda motor mencul dari Ketua DPR RI Bambang Soesatyo pada Minggu (27/1/2019) di Jakarta.
Menanggapi usulan tersebut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) Basuki Hadimuljono, menyatakan saat ini Pemerintah sedang membahas regulasi terkait diizinkannya motor masuk jalan tol.
Menurut Budi, itu bisa saja terjadi lantaran sebelumnya diketahui motor sudah diperbolehkan masuk di beberapa jalan tol di Indonesia.
"Secara regulasi memungkinkan, seperti di Suramadu dulu ada roda dua, di Bali juga ada di Mandara. Tapi itu jembatan, kalau jalan tol sedang dibahas," ujar Basuki, dikutip dari Kompas.com.
Tentunya dalam pembahasan tentang pemberlakuan ini banyak yang akan dipertimbangkan, Salah satu yang ketahanan dan kemampuan seseorang mengendarai motornya saat melintasi jalan tol.
"Misalnya orang dari Bandung lewat Tol Cisumdawu, dia bekerja di Kertajati naik motor, itu harus difasilitasi, sedang dikaji berapa lama orang bisa naik motor. Mobil saja berapa jam harus istirahat," ucap Basuki.
Selanjutnya ada Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) ikut andil dalam pembahasan pemberlakuan jalan tol untuk sepeda motor.
Sumber:kompas.com
Sudah dilihat 74 kali

Komentar