KEMAH BAKTI PEMUDA LOMBOK UTARA

24 August 2019, 16:28 WIB
5 0 511
Gambar untuk KEMAH BAKTI PEMUDA LOMBOK UTARA
Pada hari Sabtu (24 Agustus 2019) hingga dua hari ke depan diadakan Kemah Bakti Pemuda yang bertempat di Desa Santong Mulia. Acara kemah dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Lombok Utara, Dr. Fauzan, M.Pd. Pada sambutan singkatnya, Kepala Dinas menyampaikan pesan agar generasi Lombok Utara selalu berusaha menjadi generasi yang lebih baik lagi setiap saat. Menjadi generasi tangguh yang tidak mudah putus asa dan giat menuntut ilmu.

Kegiatan digagas oleh organisasi pemuda yang dikenal dengan nama BAJANG PATUH. Beberapa waktu sebelumnya BAJANG PATUH tidak banyak dikenal oleh masyrakat luas karena dominan berkiprah di tingkat desa dan kecamatan. Akan tetapi sejatinya komunitas BAJANG PATUH sudah lahir dan ada sejak 11 tahun yang lalu.

BAJANG PATUH merupakan sekumpulan anak muda yang memiliki komitmen sama untuk selalu melakukan hal positif dan bermanfaat untuk masyarakat banyak. Lebih luas lagi, PATUH merupakan akronim dari Positif, Adaftif, Tangguh, Unggul dan Humanis. Dijelaskan oleh Ketua Bajang Patuh bahwa frase positif bermakna semua anggota organisasi disatukan oleh niat dan tujuan yang sama untuk mengedepankan pikir dan sikap positif. Adaptif bermakna bahwa semua generasi harus mampu beradaptasi dan kolaborasi dengan perubahan dan perkembangan zaman. Tangguh bermakna bahwa semua hal yang dilakukan membutuhkan proses dan generasi muda harus tangguh menjalani dan menghadapi proses tersebut. Unggul merupakan goals organisasi yang menginginkan semua generasi menjadi pribadi yang unggul. Sementara humanis bermakna meskipun sudah menjadi generasi unggul tapi harus tetap rendah diri dan peduli terhadap lingkungan. Selalu mengedepankan sikap empathy.

Dalam kesempatan Kemah Bakti Pemuda kali ini akan dilakukan tiga hal penting yaitu malam inspirasi, aktivitas sosial dan peduli lingkungan. Malam inspirasi dilakukan dengan menghadirkan sosok inspiratif yang dapat membangkitkan motivasi para pemuda untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Aktivitas sosial diimplementasikan dengan memberikan santunan kepada penduduk sekitar yang membutuhkan. Untuk aktivitas dimaksud, Bajang Patuh sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial Lombok Utara. Sementara untuk aksi peduli lingkungan diwujudkan dengan melakukan penanaman pohon di beberapa titik yang sudah ditentukan sebelumnya. Aktivitas oeduli lingkungan mendapat dukungan penuh dari Dinas Lingkungan Hidup Lombok Utara.

Pelibatan berbagai pihak dalam kegiatan Kemah Bakti Pemuda kali ini merupakan ejawantah dari fokus kerja Bajang Patuh di 2019 yaitu kolaboratif. Artinya, aktivitas yang dilakukan akan selalu melibatkan pihak lain yang memiliki visi dan komitmen sama dengan Bajang Patuh.

#FF#

  Komentar untuk KEMAH BAKTI PEMUDA LOMBOK UTARA

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Menguatkan Ketahanan Pangan, Kelurahan Wirogunan adakan Pelatihan "Buledamber"

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  18 Oct 2020
  2. Berikut Link Pendaftaran BLT UMKM Rp2,4 Juta Kabupaten Bandung Tahap 3 Yang Dibuka Sampai November

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Rancaekek, Bandung Kabupaten  |  19 Oct 2020
  3. "Gerakan Serentak Penegakan Protokol Covid-19" di Jalan Tamansiswa, Wirogunan

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  21 Oct 2020
  4. Ini Reaksi Tubuh Saat Covid19 Menyerang

    Muh Agung  di  Solokuro, Lamongan  |  18 Oct 2020

Komentar Terbanyak

  1. 2
    Komentar

    Berikut Link Pendaftaran BLT UMKM Rp2,4 Juta Kabupaten Bandung Tahap 3 Yang Dibuka Sampai November

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Rancaekek, Bandung Kabupaten  |  19 Oct 2020
  2. 2
    Komentar

    NO ONE LEFT BEHIND

    Sulis Jember  di  Jember  |  23 Oct 2020
  3. 2
    Komentar

    Menguatkan Ketahanan Pangan, Kelurahan Wirogunan adakan Pelatihan "Buledamber"

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  18 Oct 2020
  4. 2
    Komentar

    Sebagian Kain Menghasilkan Mikroplastik Ketika Dicuci

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Songgon, Banyuwangi  |  18 Oct 2020