Kelurahan Wirogunan Terbaik 1 Kategori LBS dan PHBS & KKG PKK KKBPK Kesehatan 2019

7 October 2019, 17:23 WIB
2 0 154
Gambar untuk Kelurahan Wirogunan Terbaik 1 Kategori LBS dan PHBS & KKG PKK KKBPK Kesehatan 2019
Perhelatan Evaluasi Kegiatan Kesatuan Gerak (KKG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dan Kesehatan tahun 2019, telah dinilai oleh Tim Juri Kota Yogyakarta, yang terdiri dari unsur PKK Kota Yogyakarta dan Dinas Terkait pada Rabu (18/9/2019).

Pelaksanaan lomba tersebut, menjadi motivasi tersendiri bagi kader dan masyarakat Kelurahan Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, khususnya masyarakat di wilayah lokus kegiatan, yaitu di wilayah RW 08, RW 03, RW 02 dan RW 01.

Berbagai upaya dan ikhtiar telah dilakukan dan Alhamdulillah, puji syukur kepada Allah SWT. Kelurahan Wirogunan mendapatkan hasil terbaik 1 untuk jenis penilaian/lomba Lingkungan Bersih Sehat (LBS) dan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan KKG PKK KKBPK Kesehatan Tahun 2019. Pengumuman atas hasil lomba dimaksud tertuang dalam Surat TP PKK Kota Yogyakarta tertanggal 3 Oktober 2019 yang ditanda tangani Ketua TP PKK Kota Yogyakarta Hj. Tri Kirana Muslidatun, S.Psi, yang juga Istri Walikota Yogyakarta.

Terbaik 1 dengan kategori tersebut di atas, menjadikan Kelurahan Wirogunan berhak mengikuti penilaian dari Tim Penilai DIY. Penilaian dari Tim Penilai DIY akan dilaksanakan pada Selasa (22/10/2019) untuk jenis penilaian LBS dan PHBS dan pada Senin (18/11/2019) untuk jenis penilaian KKG PKK KKBPK Kesehatan.

Lurah Wirogunan, Anastasia Erwina Siwi Utami menuturkan bahwa, keberhasilan sebagai terbaik 1 untuk kategori LBS dan PHBS serta KKG PKK KKBPK Kesehatan, adalah kerja tim dan kontribusi masyarakat di lokus kegiatan. Masyarakat di wilayah RW 08, RW 03, RW 02 dan RW 01 punya andil yang cukup besar. Masyarakat di wilayah tersebut, yaitu RW 01, RW 02 dan RW 03, berada di wilayah pinggir kali Code, yang sudah cukup lama membiasakan diri atas LBS dan PHBS. Bahkan bagi masyarakat sudah menjadi kebutuhan dalam menjaga dan selalu memperhatikan LBS dan PHBS, selain KKBPK dan Kesehatan. "Kami mengucapkan terima kasih atas peran serta dan kontribusi masyarakat di wilayah Kel. Wirogunan, khususnya para kader, relawan dan masyarakat di lokus kegiatan. Keberhasilan ini, adalah keberhasilan semua pihak. Kerja tim yang kompak", tutur Ana Siwi.

Lebih lanjut, Lurah yang belum genap satu tahun di Wirogunan ini, menambahkan bahwa masih ada tugas lanjutan untuk mempersiapkan diri lebih baik dalam menyambut Tim Penilai DIY. Tantangan tidaklah ringan dan ada peluang menjadi terbaik, apabila kita bersama-sama mengevaluasi diri dan mempersiapkan lebih matang.

Salah satu tokoh masyarakat yang juga Ketua Kampung Bintaran yang terdiri dari RW 01, RW 02 dan RW 03, Andi Maulana menyatakan bahwa keberhasilan ini, menjadi motivasi tersendiri bagi warga Bintaran. Sebenarnya LBS dan PBHBS bagi warga Bintaran adalah kebutuhan, karena berada di wilayah pinggir kali Code. Keberhasilan ini, akan menjadi motivasi warga untuk terus menjaga LBS dan PHBS serta Kesehatan, disamping terus ber-inovasi dan memperbaiki diri, baik secara administratif maupun lingkungan, lebih-lebih sebagai Kampung KB. "Bagi pengurus kampung dan RT serta RW, prioritas pemberdayaan masyarakat menjadi hal yang penting. Apabila masyarakat sudah merasa butuh atas LBS, PHBS dan Kesehatan, maka masyarakat akan bergerak dengan sendirinya. Lomba hanya salah satu bagian dalam motivasi bagi masyarakat", ujar Bapak dua putera ini.

Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Kel. Wirogunan, Abdul Razaq menambahkan bahwa, keberhasilan ini adalah buah dari motivasi panitia, kader, relawan dan masyarakat, yaitu Bersama Kita Bisa, Gotong Royong Modal Utama. Apabila segala sesuatunya dilakukan dengan bersama, saling pengertian, besar rasa maklumnya, ikhlas dalam melaksanakan, dan siap menerima masukan dan evaluasi, serta semangat gotong royong menjadi dasarnya, maka hasilnya akan dinikmati bersama. "Sukses untuk Masyarakat Kel. Wirogunan. Sukses meraih terbaik tingkat DIY, dan Nasional, InsyaaAllah", kata Aktivis Pemberdayaan ini. (KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#AbdulRazaq
#LPMKWirogunan
#TPPKKWirogunan
#TerusBergerak
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat

  Komentar untuk Kelurahan Wirogunan Terbaik 1 Kategori LBS dan PHBS & KKG PKK KKBPK Kesehatan 2019

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Berikut Link Pendaftaran BLT UMKM Rp2,4 Juta Kabupaten Bandung Tahap 3 Yang Dibuka Sampai November

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Rancaekek, Bandung Kabupaten  |  19 Oct 2020
  2. "Gerakan Serentak Penegakan Protokol Covid-19" di Jalan Tamansiswa, Wirogunan

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  21 Oct 2020
  3. Yayasan SAPA Memberikan Pelatihan Penanganan Kasus Trafficking kepada Bale Istri

    Sri Wahyuni  di  Paseh, Bandung Kabupaten  |  23 Oct 2020
  4. Hari Santri Nasional : Fatayat NU Ngawen Adakan Santunan.

    Siti Aminatus Sholihah  di  Patuk, Gunung Kidul  |  23 Oct 2020

Komentar Terbanyak

  1. 2
    Komentar

    Berikut Link Pendaftaran BLT UMKM Rp2,4 Juta Kabupaten Bandung Tahap 3 Yang Dibuka Sampai November

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Rancaekek, Bandung Kabupaten  |  19 Oct 2020
  2. 2
    Komentar

    NO ONE LEFT BEHIND

    Sulis Jember  di  Jember  |  23 Oct 2020
  3. 2
    Komentar

    iTANI Perpustakaan Dalam Genggaman

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Bogor Tengah, Bogor Kota  |  21 Oct 2020
  4. 1
    Komentar

    Persiapan adalah Awal dari Kesuksesan

    Sulis Jember  di  Jember  |  21 Oct 2020