Kawal Sidang Kasus Kriminalisasi Aktivis Pejuang Lingkungan

26396 medium img 20180605 wa0002
Perjuangan rakyat untuk melindungi lingkungannya berujung kriminalisasi terhadap 5 pejuang lingkungan, yaitu Iss, Brillian dan Sutarno yang dijerat pasal 170 ayat (1) KUHP atau 406 ayat (1) jo 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Serta Sukemi dan Kelvin yang dijerat pasal 187 ayat (1) dan pasal 170 ayat (1) KUHP atau 406 ayat (1) jo 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Dalam hal ini negara berdalih bahwa kerusuhan harus cepat ditangani. Padahal, ketidakberdayaan negara terhadap modal-lah yang menjadi penyebab utamanya. Praktik-praktik pencemaran lingkungan yang dilakukan oleh perusahaan masih kerap diabaikan oleh negara dengan dalih investasi. Dan akhirnya rakyatlah yang dikorbankan. Harusnya negara cepat menindak pencemaran yang dilakukan oleh PT.RUM yang sudah mengakibatkan korban jiwa dan pencemaran lingkungan serta merusak kesehatan masyarakat. Tapi faktanya negara malah mengkriminalisasi para pejuang lingkungan yang jelas-jelas melindungi hak-hak masyarakat untuk mendapatkan ruang hidup yang layak dan sehat.

Jelas kita ketahui di negara ini hukum telah digunakan untuk melindungi para pemodal dan sama sekali tidak memihak pada kepentingan rakyat. Negara bisa sewenang-wenang menggunakan hukum sebagai alat untuk memperkaya segelintir orang yang berduit tanpa memikirkan apa yang dirasa oleh rakyat. Kita tidak bisa tinggal diam melihat kesewenang-wenangan negara yang dilakukan terhadap rakyat. Oleh karena itu, kami kembali mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bergabung dan bersolidaritas dengan gerakan rakyat Sukoharjo untuk mengawal sidang ke-3 aktivis pejuang lingkungan yang dikriminalisasi dan untuk lingkungan Sukoharjo yang lebih baik dan sehat.

Hari/Tanggal: Selasa, 05 Juni 2018
Pukul: 09.00 WIB - Menang
Tempat: PN Semarang

Untuk mengalahkan setan-setan penindas rakyat seperti korporasi dan aparat-aparat pelindungnya, kita harus menyatukan kekuatan rakyat karena hanya dengan jalan seperti itu kemenangan rakyat akan semakin terbuka lebar

Contact person :

Jire (085726353762)

Komentar