Kalian tahu pawai obor?

60406 medium post 66088 b9bcabc6 2fd0 4bf1 a620 81fe48d26329 2019 05 05t09 13 01.351 07 00
Baik orang tua, dewasa maupun remaja dan anak-anak kumpul jadi satu berjalan beriringan pada malam hari, biasanya setelah solat isya membawa obor-obor yang menyalah sembari melantunkan solawat dan rasa syukur terhadap Allah SWT.
Puja dan puji terlantun ke hadirat nabi Muhammad SWT berbalut haru lantaran besok sudah memasuki bulan yang penuh berkah di perhitungan waktu umat islam, yakni bulan ramadan. Marhaban ya Ramadan begitu mereka menyebutnya.
Serangkaian kegiatan aksi tersebut adalah kegiatan pawai obor yang kerap dilaksanakan umat muslim di berbagai belahan Negara Indonesia.
Menurut Ahmad Salam, seorang tokoh pemuda yang sempat ikut pawai obor di beberala tahun kemarin, dan bertugas memimpin jalannya pawai obor, jelaskan jika pawai obor merupakan sebuah tradisi turun menurun yang dilakukan untuk menyambut bulan suci ramadhan yang juga memiliki banyak makna dalam pelaksanaannya.
“ Selain untuk mempererat tali silahturahmi, juga memiliki nilai gotong royong dan juga kebersamaan. Tujuannya untuk mengingatkan warga akan datangnya bulan suci Ramadhan serta mempersiapkan diri baik secara fisik dan mental dalam menjalankan ibadah puasa,” ujar Ahmad. Dari depokpos.com 3 tahun yabg lalu.
Jika membedah lebih dalam, dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, 'Pawai' berartikan iring-iringan manusia dan kendaraan. Sedangkan 'obor' berartikan suluh daun kelapa kering atau seruas bambu yang di isi minyak tanah (minyak kelapa) ujingnya disumpal dengan secarik kain atau sabut. Jika digabungkan memiliki pengertian iring-iringan manusia yang membawa suluh daun atau seruas bambu yang diisi minyak tanah (minyak kelapa) dan disumpal kain kemudian di nyalahkan. Sedangkan ramadan dalam arti umum memiliki makna bulan suci. Jika saya berargumentasi, bisa mengartikan kegiatan ini adalah bentuk penyambutan bulan suci yang akan dilakukan umat islam dengan cahaya sekaligus menghayati dan merenungkan serta mempersiapkan segala hal yang nantinya berkaitan dengan bulan tersebut, diantaranya puasa.
Jadi.. Apakah di tempat kalian lakukan pawai obor juga?
Sumber: KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
Sudah dilihat 20 kali

Komentar