Kali Bendungan Melayu Dipenuhi Sampah

warga di sekitar Anda di Koja, Jakarta Utara
4464 medium kali bendungan melayu dipenuhi sampah
Kondisi Kali Bendungan Melayu, RW 01, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara memprihatinkan. Kali yang lebarnya delapan meter ini justru dipenuhi sampah.

Banyaknya sampah yang didominasi sampah jenis plastik dan sampah berbagai jenis sayuran. Keberadaan sampah cukup banyak hingga membuat kali jadi tampak sangat kotor.

Arthur (60), warga setempat mengatakan, kali itu melintasi dua wilayah kelurahan. Yaitu Kelurahan Tugu Selatan dan Rawa Badak Selatan yang airnya bermuara ke Kali Layar.

Sampah ini dari pedagang pasar kaget yang berjualan di sepanjang bantaran kali setiap pagi hari.

"Jadi keberadaan sampah yang selalu mengotori kali tersebut bukan sampah warga. Tapi, sampah para pedagang yang berjualan di sepanjang bantaran kali tersebut," ujar Arthur.

Diakui Arthur, keberadaan sampah di kali tersebut terakhir dibersihkan oleh petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) sekitar dua bulan lalu. Sampai saat ini kali tidak pernah dibersihkan hingga membuat kali tersebut kembali banyak sampah.

"Untuk itu agar kali jadi bersih dan air mengalir lancar, kiranya agar sampah di kali tersebut segera dibersihkan," katanya.

Camat Penjaringan, Rahmad Efendi Lubis mengakui, pihaknya sudah berulang kali menertibkan para pedagang. Namun, setelah penertiban, tak lama pedagang kembali lagi berjualan di lokasi itu.

"Saya akan meminta petugas PPSU kelurahan dan PHL Kebersihan untuk segera membersihkan sampah dan menertibkan pedagang di lokasi tersebut," tandasnya.
Sudah dilihat 99 kali

Komentar