Jurus Agar Anak Mau Makan Buah dan Sayur

23453 medium jurus anak mau makan buah   sayur
Buah dan sayuran sangat penting bagi pertumbuhan anak. Namun sayangnya, anak kadang tidak mau mengonsumsi buah, terlebih sayuran. Padahal buah dan sayuran kaya akan serat yang dibutuhkan tubuh. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), serat makanan penting untuk menjaga fungsi normal usus dan mungkin berperan dalam mencegah penyakit kronik seperti kanker, jantung koroner, dan diabetes mellitus tipe 2.

Walau kita semua tahu pentingnya sayur dan buah bagi tubuh, tetapi tetap saja sulit rasanya untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh anak akan buah dan sayur. Faktanya, menurut hasil penelitian, lebih dari 90 persen rakyat Indonesia kekurangan buah dan sayuran.

Berikut ini kami berikan 6 jurus jitu agar anak mau mengonsumsi buah dan sayuran.

1) Sajikan buah dengan potongan yang menarik.
Hidangkan buah dengan bentuk unik sehingga anak tertarik mengonsumsinya.

2) Kenalkan buah yang manis terlebih dahulu.
Usahan agar tidak mengenalkan buah-buahan rasa asam, bertekstur keras, atau kurang menarik bagi anak. Anak-anak pada umumnya lebih menggemari buah dengan rasa manis.

3) Modifikasi ke dalam bentuk yang lain.
Sajikan buah dan sayur dalam bentuk yang berbeda. Misalnya dengan memodifikasi buah-buahan dalam bentuk sop buah, puding buah, salad, dan lain sebagainya.

4) Ajak anak berpartisipasi.
Ajak serta anak saat menyiapkan buah dan sayur agar anak lebih tertarik untuk mencoba memakannya.

5) Sisipkan buah dan sayur di bekal makanan anak.
Konsistentlah dalam memberikan menu buah dan sayur kepada anak, seperti menambahkan buah ke dalam bekal makanannya.

6) Perlihatkan dengan tindakan.
Ada banyak faktor yang menyebabkan anak malas makan buah dan sayur dan salah satunya adalah karena dia jarang melihat orangtuanya makan buah dan sayur. Karena itu, jadilah contoh bagi anak sebelum kita menyuruh anak mengonsumsi buah dan sayur.


Sumber: Kemenkes RI
Sudah dilihat 160 kali

Komentar